Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Fitur Baru Android 13 yang Wajib Kamu Tahu


5 Fitur Baru Android 13 yang Wajib Kamu Tahu


Hallo, guys setelah sekian lama vakum, akhirnya saya memutuskan untuk kembali lagi walau entah yak akan konsisten lagi apa enggak nantinya heheh cukup-cukup basa-basinya kita akan langsung menuju topik yaitu membahas mengenai fitur-fitur android 13. Hmm agak penting gak penting sih topik ini, tapi okelah gak papa simak aja, ini juga bisa jadi acuan kamu nantinya mau update ke Android 13 atau tidak. Pastinya adakan tuh hp yang udah gak support updatean dari brand kesayangannya.

5 fitur baru Android 13 yang Wajib kamu tahu – Kalau kalian seorang yang teknologi banget pastinya topik ini wajib dong kalian ketahui, biar gak ketinggalan sama temen-temen kalian pas nongkrong mengenai topik ini. Seperti biasa yak google baru-baru ini mengumumkan mengenai updatean versi android yaitu adanya versi Android 13, tanggalnya sendiri dah lama yak yaitu tahun 2022 tapi masih aja banyak yang mencari mengenai topik ini jadi sekalian aja saya tulis. Meski saya sendiri masih stay di android 12, karena yak kalian tau sendirikan update MIUI gimana, bukannya nambah fitur malah nambah BUG.

Balik lagi mengenai topik android 13, tidak banyak fitur-fitur yang baru apabila kalian update dari Android 13, tapi ada yang bener-bener baru dan sekaligus agak gak guna sih fitur ini, penasarankan fitur apa itu? Oke langsung saja kita menuju ke topik bahasan dibawah ini:

Melansir dari Bard AI buatan google ada beberapa perbedaan yang signifikan antara android 12 dan android 13.

1.      Tema Ikon

Yang ditunggu-tunggu dari updatenya android yaini Tampilan terbaru dari versi tersebut, dalam hal ini Android 13 memunculkan sebuah tema ikon yang menurut saya makin minimalis, elegan dan terkesan tidak lebay dibanding versi sebelumnya. Tampilannya benar-benar fresh dibanding versi-versi sebelumnya entah itu dari ikon ataupun walpaper yang kerap muncul ketika selesai update Android. Ikon yang anda buat di tampilan Android 13, nantinya bisa menyesuaikan dengan warna dari walpaper atau Tema yang anda pilih, misalkan anda memilih dengan tema berdasar warna kuning, natinya ikon juga akan mengikuti hal itu. Berikut ini contoh tampilan Android 13

 

Fitur Baru Android 13


Gimana Menurut kalian menarik bukan, benar-benar fresh dibandingkan versi sebelumnya yang berapa taun update Android tapi rasanya seperti tidak ada perubahan dari segi tampilan, hal ini akan sangat kalian rasakan apabila kalian menggunakan tema dasar dari HP kalian tanpa tema tambahan. Tapi yang saya rasakan makin kesini makin meniru pesaingnya yaitu Iphone yang memiliki tampilan minimalis, elegan dan memiliki kesan yang tidak neko-neko, tanpa tambahan tema pun sudah bagus. Diliat dari kasus orang yang suka menggunakan tema Iphone meski hpnya bukan iphone, mungkin suka dengan tampilannya enggak ada maksud lain heheheheh.

 

2.      Pilih Bahasa Per Aplikasi

Meski terdengar cukup aneh dan terkesan tidak berguna, tapi ya ini fitur terbaru dari Android 13 yang benar-benar Google Luncurkan, yang kita tahu setiap aplikasi biasanya memiliki fitur ini bukan? Lantas mengapa google meluncurkan fitur ini, apa enggak berat-beratin memori tuh? Paling juga yang tidak ada pengatur bahasa, pada aplikasi lama dan tidak terurut oleh developer yang jumlah penggunanya saja tidak ribuan, kalau banyak yang gunain entah itu dibuat hanya untuk orang Indonesia, pasti tetap Fitur ini disediakan. Berikut ini tampilan dari fitur-fitur Android 13 mengenai pilih bahasa per aplikasi

 

Fitur Baru Android 13


Gimana menurut kalian apakah fitur ini berguna atau tidak? Walaupun begitu google tetap meluncurkan fitur ini meskiya dibilang tidak berguna? Toh biasanya aplikasi juga menyesuaikan dengan sistem setelan bahasa kita, otomatis tanpa harus kita pilih ingin menggunakan bahasa apa. Biasanya sih melihatnya dari lokasi jaringan kita ya, tapi ada juga yang mengikuti perefensi pengaturan. Makanya, biasanya saat kalian menggunakan VPN bahasa dalam aplikasi otomatis berubah sesuai dengan negara apa yang kalian kunjungi dengan VPN.

 

3.      Selanjutnya masalah Izin Aplikasi

Kita tau saat ini Android memiliki izin privasi yang terbilang seperti tidak dipedulikan, beda dengan saingannya yaitu IOS yang mempedulikan kepentingan privasi penggunanya. Makin kesini manusia makin sadar apalagi genarasi Gen Z mengenai privasi itu sangat penting untuk dijaga, kita tidak mau data kita digunakan oleh oknum-oknum tidak pertanggung jawab.

 

Fitur Baru Android 13


Setiap aplikasi tuh pasti meminta izin untuk mengakses entah itu kontak, kamera, file, galeri, lokasi dan lainnya. Lalu untuk apa aplikasi meminta izin tersebut? Salah satunya ya agar memudahkan aplikasi membaca tujuan kita, misal kita menginstall aplikasi Ojek Online, pastinya untuk menjalankan seratus persen, aplikasi tersebut kita butuh yang namanya lokasi konsumen, lalu kontak, file dan sebagainya. Andaikan kalian tetap memaksa tidak menghidupkan lokasi, aplikasi tersebut akan kesulitan menjalankan fungsinya, karena tidak tau pasti lokasi kalian berada sekarang. Maka dari itu, izin aplikasi ini begitu penting. Selain itu data kita juga digunakan untuk mengirimkan kita iklan di setiap aplikasi. Maka jangan heran apabila kalian sedang butuh sesuatu kok, iklannya sesuai dengan yang kalian butuhkan.

 

Melihat pentingnya penggunaan izin aplikasi, sekaligus bahaya apabila disalahgunakan google merilis fitur di Android 13 yaitu kita bisa melihat aplikasi apa saja yang baru meminta Izin ke kita, setiap aplikasi baru diinstal atau aplikasi ingin menggunakan lokasi kita contohnya, akan muncul perizinan terserah kita mau mengizinkan atau tidak. Terakhir ada izin pengelolaan media, kalian bisa mengontrol tuh ingin media apa yang diizinkan diliat oleh aplikasi.

 

4.      Kontrol media berdasar Notifikasi

Fitur ini terbilang tidak baru karena ya dari zaman android 4 aja udah ada ini fitur, tapi hanya sebatas mengontrol media, dan notifikasinya juga tidak realtime, misal kalian sedang mensetel musik, musiknya sudah ada dimenit 2 eh lagunya udah abis, intinya kurang lebih begitu. Nah di versi Android 13 ini google menawarkan versi yang benar-benar realtime sesuai dengan apa yang sedang kita lakukan. Selain itu bentuk dari kontrol medianya juga semakin smooth tidak lebay. Berikut ini contoh tampilan dari Kontrol media yang ada di Android 13.

 

Fitur Baru Android 13


Gimana menurut kalian notifikasi di Android 13, jauh berbeda bukan dibandingkan versi sebelumnya. Intinya di Android 13 inituh tampilannya semakin smooth dan elegan terkesan tidak lebay dan pastinya minimalis.

 

5.      Kontrol perangkat Pintar

Fitur satu ini digunakan untuk kalian menggunakan smarthome dirumah seperti google TV, Lampu pintar, dan speaker. Android 13 memungkinkan kalian mengontrol perangkat pintar langsung tanpa aplikasi tambahan yang biasanya disediakan oleh pembuat smart home. Melihat ini google semakin mendukung kita untuk menggunakan smart home, dimana itu berarti mendukung kita kepada era dimana kita tak perlu lagi bangun hanya untuk mematikan Lampu sebelum tidur. Di Indonesia sudah banyak sekali produsen-produsen perangkat pintar, kalian hanya sesuaikan dengan alat apa yang ingin kalian gunakan.

 

Penutup

Kita sudah ada diujung artikel mengenai 5 Fitur Baru Android 13 yang Wajib Kamu Tahu, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian dalam menentukan pilih apa perlu update ke Android 13 atau tidak. Saya sih menyarankan kalian untuk mencobanya yak Android 13, tapi mungkin masih banyak aplikasi yang tidak support digunakan di Android 13 jadi kalian baiknya cek terlebih dahulu aplikasi-aplikasi kalian apakah mendukung Android 13 atau tidak. Karena kalau tidak nantinya aplikasi akan crash dan ini pasti akan menggangu aktivitas. Sekian dari saya terimakasih. Kunjungi Toko Triplek : pdmandiricikande


Post a Comment for "5 Fitur Baru Android 13 yang Wajib Kamu Tahu"