Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Alat Smart TV

Harga Alat Smart TV

Harga dari alat smart tv sangat beragam begitu pula dengan alatnya yang banyak pilihan, tidak hanya satu atau dua alat saja. Kegiatan menonton film, bermain game, mengakses sosial media, tak selamanya harus dilakukan melalui layar handphone. Kalian bisa melakukan itu semua melalui layar televisi yang memilki layar jauh lebih besar dibandingkan handphone. Pastinya kalian pernah merasakan mata pegal saat menonton film. Hal itu disebabkan mata kalian menatap layar berukuran kecil terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Memang menonton film melalui handphone praktis, namun hal itu bisa berakibat buruk pada mata kalian, apalagi jika kalian menonton film secara brutal setiap harinya.

Tak perlu biaya mahal agar kalian bisa menonton film melalui televisi cukup siapkan uang berkisar 100-1juta. Kenapa saya bilang begitu, karena harga dari alatnya sendiri cukup beragam, bahkan ada yang dibawah 100 ribu. Tak peduli mau itu tv tabung atau tv Led semua bisa kalian ubah ke smart tv. Memang saat ini sudah ada smart tv, namun untuk harga masih terbilang mahal, selain itu sayang bukan jika kalian sudah memiliki tv lalu harus membeli tv lagi. Harga dari smart tv berkisar 1 juta 500 keatas jarang ada harga smart tv dibawah itu, itu juga memiliki ukuran layar kecil, sedangkan harga alatnya tidak sampai segitu. Karena beragamnya alat pengubah tv biasa menjadi smart tv, maka dari itu kami membahasnya agar kalian nanti tidak menyesal setelah membeli.

1.  Stb Indihome Tanpa Langganan

Stb Indihome Tanpa Langganan

Stb atau biasa disebut set top box merupakan alat yang biasa digunakan untuk berlangganan channel luar negeri atau berlangganan paket internet. Apabila kalian menggunakan wifi dari indihome, pasti kalian pernah ditawari untuk menambah paket tv. Nah jika kalian menambah paket tv nanti akan mendapatkan box yang disambungkan ke hdmi. Jadi kurang lebih seperti itu kegunaan dari stb. Entah pertama kali siapa yang berhasil membobol sistem dari stb ini, karena alat ini hanya bisa digunakan saat kalian berlangganan saja. Namun, sekarang banyak sekali beredar paketan stb yang sudah di root dan diubah menjadi sistem operasi berbasis android, tanpa berlangganan kalian sudah bisa menikmati berbagai channel dan juga membuka aplikasi android.

Set top box memiliki prosesor, ram, rom, layaknya sebuah handphone android, hanya saja untuk mengubah stb menjadi sistem berbasis android, perlu alat dan sentuhan khusus oleh orang yang ahli. Oleh sebab itu kami lebih menyarankan kalian langsung membeli stb siap pakai. Harganya sendiri beragam tergantung dari besar ram dan rom dari stb tersebut. Semakin besar ram maka semakin tinggi juga harganya. Terakhir kali saya cek untuk ram 2gb dan rom 8gb berkisar 300 itu sudah siap pakai, cukup murah bukan.

Apabila telah memiliki stb sebelumnya, coab cek tipe dari stb yang kalian miliki biasanya ada dibagian belakang setelah itu search cara root dan unlock nama stb di youtube. Jika tidak ada video tutorial yang keluar, dapat disimpulkan stb yang kalian miliki sulit untuk di root atau bahkan tidak bisa sama sekali diubah ke sistem android.

2. Alat Smart TV

Harga Alat Smart TV

Ada beberapa alat yang bisa kamu gunakan selain stb harganya sendiri juga beragam tinggal kamu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Tak hanya stb saja yang bisa mengubah tv biasa menjadi smart tv. Sebenarnya menggunakan stb untuk menjadi smart tv itu merupakan perbuatan ilegal, karena stb aslinya hanya dapat digunakan jika kita berlangganan entah itu dari indihome, vision atau provider lainnya. Namun, jangan khawatir ada alat selain stb yang bisa digunakan untuk mengubah tv biasa menjadi smart tv.

Masalah merek dan tipe kami tidak bisa membahas karena selain terlalu panjang, jika hanya ingin tau merek dan tipe kalian bisa cek melalui online marketplace disitu lengkap dari tipe, merek, serta spek dari alat smart tv. Kami disini lebih membahas apa saja alat yang bisa digunakan untuk mengubah tv biasa menjadi smart tv.

1. Mi TV Stick

Harga Alat Smart TV

Seperti namanya Mi tv stick merupakan alat keluaran dari xiaomi langsung yang berbentuk stick, fungsi yang dimiliki sama seperti stb hanya saja yang satu produk resmi yang memang dikhususkan untuk mengubah tv menjadi smart tv. Bahkan penggunaan praktis hanya menghubungkan xiaomi tv stick ke colokan hdmi pada tv. Apabila tv tabung yang belum mendukung colokan hdmi, kalian perlu alat tambahan yaitu kabel rca untuk tutorial banyak silahkan cek di youtube. Selain xiaomi tv stick ada juga xiaomi tv box fungsi sama hanya saja berbentuk box bukan bentuk stick, akan tetapi kedua alat ini memiliki harga yang berbeda, untuk xiaomi tv stick berkisar 500-600 ribu, sedangkan xiaomi tv box berkisar 750-900 ribu.

Perbedaan tidak hanya terletak pada bentuk tetapi fitur yang dimiliki xiaomi tv box jauh lebih lengkap ada dua lubang usb yang bisa kalian gunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal seperti stick ps, keyboard, flashdisk dan lain-lain. apabila nantinya kalian perlu menghubungkan perangkat eksternal kami menyarankan untuk mengambil xiaomi tv box. Kedua alat ini pengoperasianya sama yaitu menggunakan remot yang sudah disediakan dalam box ketika kalian membeli.

Speksifikasi dari Mi tv stick yaitu menggunakan android 9 (pie), ram 1gb, rom 8gb dolby atmos,

2. Dongle

Harga Alat Smart TV

Dongle alat yang paling murah dibanding kedua alat diatas yaitu berkisar 50-100ribu. Akan tetapi kalian butuh handphone yang sudah support berbagi layar, karena cara kerja dari dongle adalah mengirim layar handphone kita ke layar televisi. Meski murah tapi admin sendiri tidak mendukung jika kalian membeli dongle, karena dongle ini menggunakan berbagi layar yang terkadang video dan suara tidak sinkron, selain itu kadang gambar yang dihasilkan tidak jernih, patah-patah, dan juga lengket. Admin sendiri telah mencoba dan masalah tersebut membuat jengkel jika jarak handphone kita terlalu jauh dari televisi maka berbagi layar otomatis terputus.

3. Android TV Box

Selain dari produk xiaomi banyak juga android tv box buatan dari produsen lain. Berbagai merek tersedia dari yang harganya murah sampai yang harganya mahal, bahkan sampai melampaui harga dari xiaomi tv box. Harga termurah yang admin tau yaitu 250 ribu dan harga termahal 1 jutaan lebih, tergantung spek dari android tv box semakin besar ram dan romnya semakin mahal juga harganya. Karena bentuknya berupa box tersedia colokan usb yang bisa kalian gunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal. Ketimbang membeli dongle mending membeli android tv box, walaupun nanti kalian hanya mampu membeli dengan ram dan rom kecil. Tak perlu khawatir memiliki rom kecil karena kalian bisa menambahkan penyimpanan eksternal.

Kesimpulan

Admin sendiri menyarankan membeli xiaomi tv box atau android box ketimbang dongle. Lagi pula harganya tidak jauh berbeda dongle dengan android box, tapi video, suara, yang dihasilkan jauh lebih baik. Android tv box menjalankan aplikasi langsung sedangkan dongle mentransmisikan layar maka dari itu hasil video yang dihasilkan akan patah-patah dan suara juga kadang ketinggalan.

Penutup

Berikut merupakan artikel tentang judul, semua tergantung kalian admin hanya menyarankan serta memberi masukan tak bisa memberi uang. Kalian tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. Terimakasih telah membaca sampai titik ini jangan lupa bagikan ke teman kalian siapa tau teman kalian juga butuh babay sampai ketemu di artikel selanjutnya.

 

Post a Comment for "Harga Alat Smart TV"