Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Belanja Online Termurah

Bertemu kembali di informasi seputar teknologi dari website teknopedia.my.id – Pasti kalian tak asing lagi dengan kelima aplikasi belanja online yang kami rekomendasikan, meski begitu kami tetap akan membahas dengan tujuan menambah wawasan kalian serta membagikan fakta menarik yang telah kami survei melalui sosial media tetang tanggapan mereka mengenai aplikasi belanja online.

Saat ini banyak marketplace bermunculan dari lokal maupun luar negeri, tak heran bagi sebagian orang masih enggan untuk membeli barang melalui online. Hal ini disebabkan karena mereka memiliki pengalaman buruk atau mendengar isu jelek mengenai belanja online. Hal ini hampir terjadi kesemua orang pada saat pertama kali membeli barang melalui belanja online. Gimana tidak kita tidak mengetahui betul bagaimana keadaan toko yang akan kita beli barangnya, bisa saja toko tersebut sengaja menjual barang rusak atau mengirim barang yang tidak sesuai.

Menanggapi kekhawatiran tersebut pihak belanja online menjelaskan mengenai fitur yang ada diaplikasi mereka, seperti ajukan pengembalian, barang bermasalah, dan lainnya. Hal ini terbukti ampuh sehingga banyak masyarakat yang tadinya tidak percaya mulai mencoba melakukan transaksi. Tak hanya itu pihak belanja online memberikan diskon, gratis ongkir, cashback, hingga menjual barang dengan Rp.1. Tentu hal ini membawa dampak positif bagi masyarakat mereka juga memfasilitasi bagi orang yang ingin menjual barang mereka melalui belanja online tak peduli bekas ataupun baru.

1. Tokopedia

aplikasi belanja online termurah

Siapa sih yang gak tau tentang aplikasi belanja online yang satu ini sampai-sampai toko ini memiliki julukannya sendiri disosial media. Mereka biasanya menyebut tokopedia dengan sebutan toko hijau. Hal ini karena tokopedia identik dengan warna hijau dari UI (Tampilan Aplikasi), hingga iklan-iklan ke televisi maupun sosial media dibawakan dengan nuansa warna hijau, serta logo. Kalian tak perlu khwatir takut barang kalian tak sampai atau barang tidak sesuai, jika kalian mengalami hal itu kalian hanya perlu mengajukan pengembalian jika barang tidak sesuai dan setiap barang yang kalian beli itu ada batas pengiriman, jadi jika toko tidak mengirim barang yang kita beli maka otomatis uang kita akan kembali lagi dalam bentuk poin yang nantinya bisa digunakan untuk membeli barang lagi.

Tokopedia memiliki fitur proteksi barang jadi jika barang kalian telah dikirim oleh toko namun pada saat pengiriman barang hilang atau rusak parah tinggal mengajukan klaim. Menariknya fitur ini bila mana dalam waktu 3 bulan barang yang kalian beli tidak bisa digunakan maka kalian tetap bisa mengajukan klaim layaknya garansi. Namun sayang kalian perlu membayar saat melakukan pembelian tapi harganya sendiri murah hanya sekian persen dari harga barang, tentu kalian juga bisa menonaktifkan fitur ini jika harga proteksi terlalu tinggi atau kalian yakin barang tersebut akan bertahan lama.

2. Shopee

Aplikasi Belanja Online Termurah

Kepopulerannya tak jauh berbeda dengan tokopedia bisa disebut dengan saingan berat tokopedia yaitu shopee. Aplikasi belanja online yang terkenal dengan gratis ongkir, gimana tidak hampir setiap pembelian kalian akan mendapatkan gratis ongkir. Selain itu disetiap iklan yang mereka bawakan juga identik dengan gratis ongkir. Sama dengan tokopedia shopee juga memiliki sebutan yaitu toko oren. Hampir disetiap sosial media atau untuk menyamarkan nama produk mereka menyebutnya dengan toko oren.

Shopee sangat identik dengan warna oren dari UI (tampilan aplikasi, Logo, hingga iklan yang mereka bawakan pasti dengan background warna oren. Pada saat ulang tahun shopee pasti mereka akan colab dengan berbagai artis. Bahkan shopee colab dengan idol papan atas dari korea selatan. Fitur menarik yang dimiliki shopee yaitu gratis ongkir yang hampir ada disetiap pembelian apalagi jika kalian baru pertama kali belanja dishopee, dan fitur COD yang sedang digencar-gencarkan kepada masyarakat. Fitur COD merupakan fitur belanja online dimana barang sampai baru bayar. Jadi kalian tak merasa was-was saat melakukan pembelian.

Fitur COD masih memiliki banyak kekurangan salah satunya kita tidak bisa selalu melakukan pembayaran COD tergantung dari tokonya sendiri menyediakan mode pembayaran COD atau tidak. Karena fitur COD ini rawan menimbulkan masalah seperti saat barang sampai pembeli tidak mau membayar yang berujung barang dikembalikan lagi ke toko. Banyak orang mengira bahwa kurirlah yang bertanggung jawab tentang barang mereka bila mana tidak sesuai dengan apa yang mereka mau, hal ini salah karena kurir hanya membawa barang mereka lalu menerima uang mereka.

3. Lazada

aplikasi belanja online termurah

Sama halnya dengan tokopedia dan shopee lazada juga merupakan aplikasi belanja online. Apabila kalian sering menjelajah internet, mengunduh film bajakan, aplikasi bajakan, dan file bajakan lainnya pasti kalian tak asing lagi dengan Lazada, iklan lazada sering kali muncul saat kita sedang melakukan hal tersebut, apalagi jika kita salah memencet tombol download pasti akan langsung diarahkan ke aplikasi lazada.  Sebenarnya ini juga terjadi pada shopee ataupun tokopedia.

Menurut admin bila mana kalian sering membeli barang online menggunakan fitur COD aplikasi lazada cocok untuk kalian gunakan. Karena hampir semua toko menerapkan fitur ini. Hal ini telah admin buktikan sendiri ketika aplikasi lainnya belum gencar-gencarnya dengan fitur COD lazada telah ada terlebih dahulu. Entah mengapa setiap aplikasi memiliki warnanya sendiri seperti lazada yang identik dengan warna ungu mungkin ini merupakan salah satu marketing agar kita mudah mengingatnya. Untuk fitur sendiri sama dengan belanja online lainnya. Namun, menurut admin ongkir dilazada tergolong lebih murah dibandingkan tokopedia dan shopee entah kenapa bisa begitu.

4. Zalora

aplikasi belanja online termurah

Berbeda dengan ketiga aplikasi belanja online diatas zalora merupakan salah satu aplikasi belanja online yang bergerak dibidang fashion seperti baju, sepatu, celana dan barang fashion lainnya. Selain itu barang yang dijual dizalora terjamin original dibandingkan dengan barang yang kalian beli di tokopedia, shopee, maupun lazada. Admin sangat menyarankan zalora bila mana kalian ingin membeli baju, tas, celana, sepatu. Karena selain barang tersebut original zalora yang hanya fokus pada penjualan fashion jadi kalian akan direkomendasi barang-barang fashion yang menarik. Selain itu brand-brand fashion terkenal seperti Nike, Adidas, Vans, Converse, dan brand terkenal diluar yang berasal dari luar negeri hampir semuanya ada brand dari lokal pun ada.

Zalora lebih sering mengadakan diskon dadakan ketimbang diskon yang terjadwal. Diskon yang langsung dari brandnya juga tersedia jadi kalian bisa membeli produk original dengan harga yang lebih murah. Produk fashion yang tidak ada di belanja online lainnya pasti tersedia dizalora selama produk tersebut masih diproduksi. Produk yang dimiliki zalora tergolong lengkap sampai kaos kaki merek adidas original pun tersedia. Memang di tokopedia, lazada, shopee juga ada, akan tetapi untuk produk fashion belum tentu original, sayangkan kalian telah mengeluarkan uang lebih eh malah produk tersebut tidak original.

5. Bukalapak

aplikasi belanja online termurah

Bukalapak merupakan aplikasi belanja online buatan lokal yang bergerak dibidang yang sama seperti tokopedia, lazada, dan shopee. Semua barang yang kalian perlukan ada di bukalapak, yang admin tau bukalapak tuh aplikasi belanja online yang pertama kali booming diIndonesia dibandingkan tokopedia, lazada, shopee. Menurut pandangan admin sendiri makin kesini aplikasi bukalapak mulai ditinggalkan. Ada beberapa penyebab karena pertama kali jadi isu negatif tentang belanja online lebih dulu dirasakan dibukalapak dibanding belanja online lainnya. Hal ini membuat orang khawatir jika belanja dibukalapak, padahal bukalapak seperti belanja online lainnya yang memiliki fitur canggih sehingga barang yang kita pesan aman.

Bila kalian ingin membeli barang bekas namun kualitas terjamin beli dibukalapak merupakan salah satu solusi. Admin juga menyarankan bila mana kalian ingin membeli sepeda secara online kalian bisa memilih beli dibukalapak. Tak hanya barang bekas yang tersedia barang baru pun ada yang membedakan terletak pada deskripsi penjualan. Jika barang tersebut bekas maka ada tulisan bekas sedangkan bila barang baru juga ada tulisan baru. Apabila kalian merupakan penjual barang bekas kalian bisa coba jual barang kalian dibukalapak karena menurut admin penjualan barang bekas dibukalapak lebih dipercaya dibandingkan belanja online lainnya.

Kesimpulan

Tulisan diatas hanya menurut admin saja tapi admin tidak sembarang menulis hal itu admin melakukan riset diberbagai sosial media mengenai tanggapan mereka tentang belanja online. Admin juga ada beberapa saran untuk kalian ketika ingin memilih belanja dimana. Apabila kalian ingin membeli produk elektronik admin lebih menyarankan kalian untuk membeli di tokopedia, karena di tokopedia memiliki fitur proteksi yang lebih canggih mengenai elektronik dibandingkan shopee atau lazada, dibandingkan dengan tokopedia shopee jauh lebih unggul masalah ketersediaan barang, barang yang dijual dishopee jauh lebih banyak dan lebih beragam jadi misalkan kamu ingin membeli barang yang memiliki banyak pilihan seperti casing Hp atau lainnya kami menyarankan beli melalui shopee.

Fitur seperti diskon, gratis ongkir, potongan harga, hampir disemua belanja online ada yang berbeda hanya pada bagaimana cara mereka memberikan persyaratan fitur tersebut. Terkadang dishopee gratis ongkir tetapi tokopedia tidak atau sebaliknya tinggal pintar-pintar kalian untuk mengakali hal itu.

Penutup

Sekian pembahasan kami mengenai aplikasi belanja online bila kalian punya tanggapan lain bisa kalian sampaikan melalui komentar. Kedepannya admin akan sering update jadi ikuti kami akar tidak ketinggalan kami juga memiliki sosial media. Terimakasih telah membaca sampai titik ini salam cerdas dari kami.

Post a Comment for "Aplikasi Belanja Online Termurah"