Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendinginkan Iphone yang Cepat Panas

Cara Mendinginkan Iphone yang Cepat Panas

Tekhnopedia.my.id-cara mendinginkan iphone yang cepat panas, setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan hampir tidak ada produk yang sempurna. Termasuk juga dengan smartphone Iphone, meski terbilang produk high end atau biasa digunakan untuk menunjukan bahwa mereka berada dikelas mengenai smartphone. Hal ini sering terjadi bila mana kalian berada di Indonesia pasti kalian akan menemukan pengguna Iphone menunjukan status mereka. Walaupun begitu Iphone tetap memiliki kekurangan, apalagi pada Iphone model lama. Semakin lama kamu menggunakan smartphone pasti kalian akan merasakan panas pada bagian tertentu. Nah, hal tersebut juga terjadi pada smartphone Iphone. Bahkan situs Iphone sendiri membahas mengenai ini.

Apalagi kalo kalian sedang memainkan game berat seperti Genshin Impact, PUBG, Valorant pasti panas terasa pada bagian belakang Iphone. Hal ini terjadi karena pada saat kalian memainkan game tersebut mesin pada smartphone akan bekerja ekstra. Biasanya bila terus bermain saat keadaan panas akan mengakibatkan Lag dan FPS drop. Nah, untuk mendinginkan Iphone kalian kami memilki beberapa tips yang bisa kalian terapkan. Dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini, kamu dapat dengan mudah mencegah suhu Iphone yang meningkat cepat.

Penyebab umum Iphone memanas

Tidak menonaktifkan bluetooth ketika tidak dipakai, hal ini sangat sering terjadi setelah kalian berhasil mentranfer file melalui bluetooth. Entah menganggapnya enteng atau memang sengaja tidak menonaktifkan. Namun, yang pasti tidak menonaktifkan bluetooth dapat menyebabkan perangkat panas, selain itu juga dapat menguras baterai. Hal ini karena bluetooth akan terus melakukan pencarian perangkat yang sedang mengaktifkan bluetooth.

Apakah kalian tau bahwa menggunakan hardcase dapat mengakibatkan panas pada perangkat, hal ii karea ketika kalian menggunakan hardcase panas yang dihasilkan oleh perangkat akan terkurung didalam hardcase, berlaku juga pada softcase.

Ketika diluar ruangan memang memerlukan tingkat kecerahan yang tinggi, tapi jika hal ini terus kalian lakukan akan membuat perangkat kalian panas. Maka dari itu bijaklah dalam mengatur kecerahan layar. Ketika dalam ruangan tak perlu menggunakan kecerahan layar yang tinggi, selain membuat perangkat layar, ini juga bisa merusak mata kalian.

Perangkat Iphone terasa hangat

Cara Mendinginkan Iphone yang Cepat Panas

Pernahkah kalian merasakan kehangatan dari perangkat Iphone kalian? lalu kapan hal tersebut terjadi dan apakah keadaan tersebut membahayakan keadaan perangkat? Ketika kalian menggunakan perangkat pada keadaan pengisian daya, perangkat akan terasa lebih hangat  ketimbang sebelumnya, keadaan tersebut terbilang wajar kalian tidak perlu khawatir. Selain itu kalian akan menemuan keadaan hangat pada situasi seperti dibawah ini:

  • Pada saat kalian melakukan pengaturan pertama kali
  • Pada saat kalian melakukan pecandangan data perangkat atau memulihkan data perangkat
  • Pada saat kalian melakukan editing foto entah itu menambah label, tempat, kata kunci dan melakukan pembaruan perangkat lunak
  • Pada saat kalian membuka aplikasi yang memiliki banyak menu dan memerlukan banyak grafis pada aplikasi seperti Youtube, atau streaming video lainnya.

Menurut penjelasan yang dibuat oleh pihak Apple kondisi tersebut merupakan kondisi normal pada sebuah perangkat. Maka kalian tidak perlu khawatir dengan kehangatan yang kalian rasakan. Kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika kalian selesai melakukan aktivitas perangkat.

Perangkat memanas tidak seperti biasannya

Cara Mendinginkan Iphone yang Cepat Panas

Pasti kalian pernah merasakan dimana perangkat Iphone terasa lebih panas tidak seperti biasanya. Bila mana kalian menemukan kondisi dimana suhu perangkat Iphone kalian melebihi sewajarnya maka perangkat akan melindungi komponen didalam dengan cara mengatur suhu. Kejadian tersebut ditandai dengan perubahan seperti dibawah ini:

  • Lampu Flash pada perangkat kalian akan terhenti
  • Tampilan akan meredup cenderung lebih gelap ketimbang biasanya
  • Sinyal perangkat akan melemah selama kondisi ini berlangsung
  • Kinerja menurun saat kalian membuka aplikasi tertentu yang memiliki fitur atau aplikasi yang termasuk dalam golongan aplikasi berat
  • Dalam kondisi ini ketika kalian melakukan pengisian daya, pengisian akan lebih lambat atau bisa jadi terhenti.

Bila mana kalian berada dalam mode navigasi sebagai petunjuk arah, perangkat akan tetap menunjukan jalan, meski perangkat dalam keadaan mematikan layar. Namun, kalian tidak perlu khawatir dengan kondisi ini, karena kondisi ini tidak berlangsung secara terus menerus, hanya kondisi tertentu yang dapat mempengaruhi kondisi ini.

Perangkat Iphone menampilkan Notifikasi peringatan suhu

Seperti penjelasan diatas ketika suhu berlebih pada perangkat, perangkat akan melakukan perlindungan kepada dirinya. Dalam hal ini perangkat akan menampilkan notifikasi layar seperti gambar dibawah ini:

Cara Mendinginkan Iphone yang Cepat Panas

Jika kalian ingin segera menggunakan perangkat, cukup letakan perangkat dilantai dalam kondisi mematikan layar atau mematikan perangkat lalu tunggu beberapa saat hingga perangkat terasa dingin.

Kondisi yang dapat merubah kinerja perangkat

Cara Mendinginkan Iphone yang Cepat Panas

Selain kalian merasakan kehangatan ada beberapa kondisi tertentu yang membuat kinerja dari perangkat Iphone menurun. Beberapa kondisi dipengaruhi oleh cuaca dan pengaruh lainnya dipengaruhi oleh penggunanya itu sendiri. Kalian bisa menghindari kondisi tersebut dengan tidak melakukan kegiatan dibawah ini:

  • Menggunakan perangkat Iphone pada kondisi cuaca panas yang langsung terkena matahari dalam kurun waktu tertentu, seperti melakukan kegiatan pelacakan navigasi pada saat mengemudi, memainkan game berat dalam kurun waktu yang lama dengan keadaan ponsel sedang mengisi daya.
  • Membiarkan begitu saja saat perangkat terkena matahari langsung dalam kurun waktu yang lama, bila hal ini terus dilakukan akan mengakibatkan kerusakan pada perangkat.
  • Membiarkan begitu saja saat perangkat berada di cuaca dingin seperti musim saljut tanpa dilindungi, atau mungkin kalian ingin mencoba berksperimen memasukan perangkat kedalam freezer dalam kurun waktu yang lama. Biasanya dalam kondisi dingin baterai perangkat akan terasa lebih cepat habis ketimbang dihari-hari biasa.

Kalian bisa menghindari kondisi tersebut untuk menjaga kinerja perangkat, walaupun penurunan kinerja perangkat terjadi pada saat itu juga. Namun, kalian tidak perlu khawatir setelah kondisi tersebut kalian lewati kinerja perangkat akan normal kembali, kecuali bila kalian terus-terusan dalam kondisi tersebut. Biasanya perangkat akan menampilkan notifikasi ketika dalam kondisi tersebut.

Menggunakan Aplikasi Pendingin

Cara Mendinginkan Iphone yang Cepat Panas

Kekurangan dari Iphone sendiri kurangnya aplikasi pihak ketiga yang tersedia, seperti jika kita melihat Android yang banyak sekali aplikasi pihak ketiga. Walaupun tidak semua aplikasi pihak ketiga itu benar-benar terbukti bisa merubah kinerja pada perangkat. Ketika kalian menggunakan Iphone pasti akan sulit menemukan aplikasi pendingin, misalkan ada juga tidak akan bertahan lama sampai dihapus oleh pihak App Store. Namun, kita tidak harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga terus untuk melakukan sesuatu. Kita dapat mempelajari hal apa yang biasanya dilakukan ketika aplikasi pendingin sedang dijalankan. Setelah itu kita bisa menerapkan pada perangkat secara manual.

Perbedaan terletak antara melakukannya dengan otomatis dan manual. Bila kita mengandalkan aplikasi kita hanya perlu mengeklik menu yang tersedia, setelah itu berikan izin dan aplikasi akan berjalan otomatis. Sedangkan manual adalah kita yang melakukan berbagai tahap secara manual. Oke langsung saja kita menuju topik bahasan yaitu cara kerja dari aplikasi pendingin.

Cara kerja aplikasi pendingin

Cara Mendinginkan Iphone yang Cepat Panas

Tidak ada yang istimewa dari cara kerja aplikasi pendingin hanya melakukan sedikit sentuhan pada perangkat kita. Biasanya aplikasi pendingin akan meminta izin untuk bergerak secara otomatis, seperti memonitor kerja CPU, RAM dan baterai. Lalu dari memonitor aplikasi pendingin akan menampikan data seperti penggunaan RAM, Suhu, dan penggunaan baterai.

Setelah melakukan itu semua aplikasi pendingin akan mematikan atau mengoptimalkan perangkat yang membebani CPU maupun RAM. Tak hanya sampai itu aplikasi pendingin pula akan menghapus file dan cache yang menyebabkan perangkat kewalahan. Maka dari itu setelah kita melakukan mendinginkan perangkat, perangkat akan terasa lebih smooth ketimbang sebelumnya.

Solusi cara mendinginkan Iphone dengan melihat penyebabnya

Ada dua penyebab dari kenapa perangkat Iphone panas yaitu antara software dan hadware. Untuk software berasal dari aplikasi yang kita install seperti Game, dan Sosmed. Sedangkan untuk hadware merupakan komponen-komponen yang mengerakan perangkat kita, masalah hadware yang sering dijumpai adalah pada baterai dan charger. Dengan melihat penyebabnya kita bisa melakukan langkah selanjutnya.

Solusi mudahnya kita menggunakan aplikasi yang ada di App Store untuk menentukan langkah kita selanjutnya. Aplikasi tersebut bernama System Status Pro: hw monitor, aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan memantau kerja dari baterai dan cpu pada perangkat. Caranya klik menu lihat status baterai, cpu, dan disk usage.

Jika perangkat kalian memiliki baterai penuh lalu cpu dan usage kalian rendah tetapi perangkat sudah memanas, itu berarti yang bermasalah terletak pada hadware. Sedangkan untuk masalah software terletak dimana kalian sedang bermain game lalu perangkat kalian memanas, hal ini masih terbilang wajar, karena ketika kalian bermain game cpu akan bekerja keras.

Solusi selanjutnya

Jika perangkat memanas diakibatkan oleh software kalian tidak perlu setting sana sini ataupun panik, kami ada beberapa cara untuk mengakali itu semua. Berikut ini cara-cara mengakali perangkat memanas akibat software:

  • uninstall aplikasi yang tidak perlu/tidak sering kalian gunakan
  • update versi Ios kalian serta aplikasi yang sering kalian gunakan. Kemungkinan versi yang sebelumnya memiliki banyak bug yang dapat memakan banyak memori dan memperberat kerja cpu.
  • Matikan aplikasi yang tetap berjalan meski kita tidak berada dalam menu aplikasi, dalam masalah ini biasanya aplikasi yang tetap berjalan adalah aplikasi sosmed seperti whatsapp, hal ini dilakukan agar aplikasi bisa menampilkan notifkasi pesan masuk.

Jika yang bermasalah diakibatkan oleh hadware tidak ada cara lain lagi yaitu pergi ke servis center terdekat untuk pengecekan dan memperbaiki komponen yang bermasalah.

Penutup

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan, jika ada salah kata atau salah penyebutan itu memang kami menyadari bahwa kami masih sebagai manusia. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah mendinginkan Iphone yang Cepat Panas. Beberapa tips diatas memang bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah, namun, yang paling berpengaruh adalah penggunaan perangkat itu sendiri. Jika kalian memiliki pertanyaan atau kritik untuk kami dapat kalian sampaikan melalui komentar maupun menghubungi kami langsung. Follow juga sosial media kami,dan follow juga blog kami melalui menu dibawah, sampai disini kami ucapkan terimakasih telah membaca sampai habis. Sampai bertemu diartikel selanjutnya.

 

 

 

 

 

Post a Comment for "Cara Mendinginkan Iphone yang Cepat Panas"