Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem

Tekhnopedia.my.idapa yang dimaksud dengan modem, majunya teknologi semakin banyak juga barang baru dengan nama-nama yang unik. Semakin maju juga perkembangan zaman membawa kita kezaman yang jauh berbeda dengan zaman sebelumnya. Perkembang yang pesat didukung dengan majunya dunia internet. Saat ini siapa sih yang tidak tau dengan dunia internet? Hampir setiap kali kita menggunakan internet entah untuk membuka sosial media, mencari sesuatu, atau untuk berbelanja. Jangkauan internet begitu luas bahkan kita bisa menjelajah dunia dengan bermodalkan internet.

Untuk mengakses dunia internet kita memerlukan alat penyedia internet atau disebut dengan modem. Modem inilah yang digunakan untuk mengakses internet. Modem sangat berpengaruh pada kinerja kita dalam mengkases internet. Bila kita memiliki modem dengan kualitas low akses untuk menuju dunia internet akan sulit. Penjelasan ini hanyalah versi singkat dari pengertian modem itu sendiri untuk lebih jelasnya fungsi modem, jenis modem cek dibawah ini.

Pengertian Modem

Modem sendiri diambil dari kata Modulator bagian yang berfungsi mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa (carrier) yang siap dikirimkan, lalu demodulator berfungsi bagian yang memisahkan anatar informasi yang berisi data atau pesan dari sinyal pembawa sehingga informasi dapat diterima tanpa kesalahan. Dari kedua kata tersebut meghasilkan singkatan Modem yang berarti Modem merupakan alat komunikasi dua arah antara demodulator dan Modulator. Perangkat komunikasi jarak jauh selalu menggunakan modem, seperti Smartphone, Microwave Radio, dan lain-lain.

Jenis Modem

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem

Modem sendiri memiliki banyak jenisnya ada sekitar 9 jenis modem dan setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda. Maka dari itu agar kalian lebih mudeng apa itu modem. Kalian juga bisa menentukan modem apa yang sesuai dengan kebutuhan kalian nantinya.

Modem Kabel

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem

Modem Kabel merupakan modem langsung untuk menerima data tanpa proses dari suatu penyedia layanan lewat Tv Kabel cara kerja Modem Kabel adalah dengan menghubungkan kabel dari Modem ke perangkat biasanya Modem Kabel digunakan untuk menghubungkan saluran Tv. Selain digunakan untuk saluran Tv modem Kabel juga bisa digunakan sebagai koneksi internet dengan kecepetan Max 27 Mbps download dan 2,5 Mbps Upload.

Modem Analog

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem

Berbeda dengan Modem yang sebelumnya Modem Analog berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Modem Analog terkenal dengan kecepetan dan keakuratan dalam mengirimkan informasi maupun data. Modem Analog bisa digunakan pada telepon seluler sebagai transfer data.

Modem GSM

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem
Modem GSM merupakan Modem yang menggunakan telepon seluler untuk mentransfer data. Modem GSM digunakan untuk mengirimkan sinyal ke telepon seluler yang nantinya akan diterima oleh SIM. Dengan Modem GSM kita bisa menjelajah dunia internet melalui telepon seluler.

Wireless Modem

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem
Wireles dalam bahasa Indonesia disebut dengan Nirkabel adalah perantara jaringan internet yang dihubungkan dengan berbagai macam perangkat seperti Netbook, Laptop, Komputer, Smartphone, Tablet tanpa batasan jumlah pengguna atau biasa disebut dengan Wifi. Untuk menggunakannya kamu memerlukan alat penerima Wifi pada saat ini perangkat keras hampir memiliki semua. Cara kerja layaknya seperti gelombang radio atau sinyal inframerah pada remot TV dan juga saat kalian menghubungkan bluetooth ke perangkat lain.

Modem ADSL

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem
Modem ADSL merupakan singkatan dari Asymetric Digital Subscribe Line yang digunakan untuk memungkinkan kita berselancar di internet dengan menggunakan telepon analog secara bersamaan. Sebagai contoh pada saat kita sedang berselancar di dunia internet lalu ada telepon masuk di Smartphone pasti jaringan internet akan hilang. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kita perlu alat yang dinamakan Modem ADSL.

Cara penggunaannya cukup mudah Modem ADSL dihubungkan dengan sebuah alat pembagi line atau Spliter. Splitter ini lalu ditempatkan di depan garis saat telepon masuk. Buka youtube kalian bila mana masih bingung cara penggunaanya memang sulit bila dijelaskan hanya dengan tulisan tanpa praktek langsung.

Modem Satelit

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem
Apakah kalian orang yang suka dengan petualangan? Jika iya kalian harus tau kegunaan dari Modem Satelit. Apalagi jika kalian sering berpetualangan di Hutan, Pegunungan, Padang Pasir atau didaerah yang tidak terjangkau sinyal internet. Atau mungkin kalian seorang peneliti yang harus mengirimkan file hasil penelitian langsung. Kalian perlu menggunakan alat yang satu ini yaitu Modem Satelit. Kalian tak perlu khawatir lagi akan kehilangan sinyal setelah punya Modem Satelit. Selain itu ukuran dari Modem Satelit juga Kecil jadi mudah untuk dibawa kemana-mana.

Kalian juga bisa langsung mengupload hasil dari foto kalian ke sosial media. Modem Satelit merupakan modem yang berkomunikasi dengan ISP  yang dibantu oleh satelit dengan menghubungkan terminal satelit dan Modem. Dengan menggunakan Modem Satelit kita bisa mendapatkan sinyal didaerah tersebut meski daerah tersebut tidak terjangkau dari internet.

Modem ISDN

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem
ModemISDN merupakan singkatan dari Intergrated Services Digital Network sistem telekomunikasi yang didalamnya berisi layanan data, suara, gambar, video, yang diintergrasikan dalam suatu jaringan yang menyediakan konektivitas digital yang dihubungkan dari ujung ke ujung ditunjang oleh ruang lingkup pelayanan yang luas. Keuntungan yang didapatkan bila kalian menggunakannya adalah penghematan dari biaya, hal ini disebabkan oleh sistem yang diintergrasi jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah. IDSN memiliki dua jenis pelayanan yaitu Basic Rate Interface (BRI) dan Primary Rate Interface (PRI).

Modem Internal

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem
Modem Internal atau yang biasa disebut dengan “On Board Modem” adalah perangkat jaringan yang ditanamkan ke dalam Motherboard. Modem Internal tidak memiliki lampu indikator bila mana Modem telah diaktifkan. Informasi Status Modem akan ditampilkan ke perangkat lunak yang terhubung dengan Motherboard.

Modem Eksternal

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem
Modem Eksternal merupakan perangkat jaringan yang diletakan di luar perangkat utama yaitu CPU. Karena letaknya yang diluar perangkat kalian bisa mencopot atau memasannya sesuai keinginan kalian. Modem nantinya akan dihubungkan melalui kabel LAN atau kabel USB tergantung Modem. Modem Eksternal juga terdapat status lampu indikator, selain itu jika dibandingkan dengan Modem Internal Modem Eksternal jauh lebih unggul karena selain letaknya yang diluar Modem Eksternal pula tidak cepat panas.

Fungsi Umum Modem

Apakah yang Dimaksud Dengan Modem
Fungsi Modem adalah perangkat atau hadware yang berguna sebagai alat komunikasi dua arah antara mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Lebih tepatnya fungsi modem lihat ulasan dibawah ini :

  • Sebagai alat penghubung jaringan
  • Sebagai alat pengubah sinyal
  • Sebagai alat yang melakukan modulasi dan demodulasi
  • Sebagai alat kompres data yang dikirimkan sinyal

Penutup

Demikian ulasan tentang pengertian, jenis, dan fungsi modem, mungkin selanjutnya kami akan membahas rekomendasi modem untuk kalian. Sebenarnya kami ingin membahas sekalian rekomendasi modem dalam ulasan kali ini. Namun, karena terbatasnya waktu riset kami akan ditunda dulu. Oiya jika kalian punya saran untuk kami jangan ragu-ragu untuk mengirimkannya melalui email atau sosial media. Terimakasih telah mengunjungi blog kami.

Post a Comment for "Apakah yang Dimaksud Dengan Modem"