Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Akun Fb Tidak Bisa Di Hack

Cara Agar Akun Fb Tidak Bisa Di Hack

Tekhnopedia.my.idCara Agar Akun Fb Tidak Bisa Di Hack, pernakah kalian mendengar bahwa banyak akun facebook berhasil bobol oleh orang yang tidak kamu kenal. Untuk penyebabnya banyak sekali ada yang tertipu, sandi terlalu mudah, akun tidak didaftarkan dan masih banyak lainnya. Paling sering terjadi adalah penipuan akun facebook melalui game online atau biasa disebut dengan phising.

Phising adalah website penipuan yang menawarkan item – item pada game online, item tersebut biasanya seperti diamond gratis, skin gratis dan beberapa item langka yang bisa didapatkan secara gratis. Walaupun telah banyak kasus terjadi tapi masih aja banyak kasus kehilangan akun setelah memasuki web tersebut.

Tidak ada yang istimewa dari website tersebut yang ada hanyalah tampilan sederhana. Lalu kenapa website tersebut bisa mengakibatkan akun kalian hilang? Ya karena ini kelakuan kalian sendiri yang seenaknya memasukan email dan sandi ke website tersebut.

Maka pembahasan kali ini mengacu pada cara agar akun fb tidak bisa di hack, meskipun terkesan sangat sederhana. Akan tetapi cara ini banyak diabaikan oleh kebanyakan orang dan baru menyadari ketika akun mereka terkena hack. Sebelum hal itu terjadi kalian perlu melakukan beberapa hal dibawah ini. Kalian tidak mau kan data pribadi kalian terlihat ke publik dan disebarkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Setiap penyedia akun pasti telah memberikan fitur pengamanan akun tetapi hal ini tidak ada yang menjamin bahwa akun kalian akan aman 100%. Semua akan berbalik pada kita bagaimana kita menggunakan akun tersebut. Tetapi, mengikuti beberapa panduan pengamanan akun dibawah ini dapat membantu mengurangi resiko kehilangan akun. Selain itu cara mengatur pun cukup mudah hanya perlu melakukan hal – hal kecil.

Menggunakan Sandi yang Rumit

Cara Agar Akun Fb Tidak Bisa Di Hack

Apakah kalian masih menggunakan sandi dengan nama kalian lalu menambahkan angka dibelakangnya? Bila masih segera melakukan pergantian sandi, karena sandi dengan nama kalian sangat mudah ditebak meskipun kalian menambahkan angka. Hanya perlu satu alat saja seorang hacker untuk membobol akun kalian.

Ada salah satu alat yang bisa membobol sandi yaitu brute force. Brute force adalah dimana seseorang menebak sandi kalian secara acak dan otomatis. Cara kerjanya pelaku akan memasukan sandi acak lalu tools tersebut akan bekerja mencocokan sandi acak tersebut dengan akun korban.

Ganti pasword dengan minimal 8 karakter lalu padukan dengan huruf kecil ataupun besar dan tambahkan titik, koma, atau tanda lainnya. Apabila kalian taku membuat sandi rumit karena takut terlupa tulislah pada notepad, buku, atau tembok rumah kalian.

Menggunakan sandi yang rumit serta panjang membuat hacker sulit untuk membobolnya. Apalagi dengan tools yang sudah kami jelaskan diatas sangat tidak mungkin untuk dijebol. Selain itu melakukan pergantian kata sandi secara rutin juga diperlukan. Minimal 6 bulan sekali mengganti secara rutin juga, kalian akan tidak mudah lupa dengan sandi tersebut.

Autentikasi Dua – Faktor

Cara Agar Akun Fb Tidak Bisa Di Hack

Fitur yang satu ini adalah salah satu fitur yang ditawarkan facebook untuk membuat akun kalian lebih aman. Sangat disayangkan meski telah lama disiarkan facebok para pengguna facebook banyak yang belum tahu. Kode ini digunakan untuk masuk ke akun facebook kalian jika login melalui perangkat baru.

Okeh sedikit kami terangkan apa itu autentikasi dua – faktor merupakan fitur keamanan selain kata sandi atau lebih mudahnya kode akses untuk masuk akun facebook kalian. Autentikasi Dua Faktor bekerja saat kalian ingin login ke perangkat baru entah itu dekstop, smartphone ataupun iphone. Cara ini terbilang lebih aman ketimbang harus menggunakan kata sandi, karena kalian lah yang memegang kode akses tersebut dan cukup sulit untuk menebak kode – kode tersebut.

Apakah kalian tertarik untuk mengaktifkan kode ini? Bila iya, silahkan ikuti cara pengkatifan dibawah ini: Masuk akun Facebook melalui browser à lalu klik garis 3 vertikal yang ada di pojok kanan atas àsetelah itu cari menu pengaturan & privasi à lalu pilih menu pengaturan à lanjut klik info keamanan dan login à geser kebawah hingga menemukan kotak autentikasi dua – faktor jangan lupa klik edit autentikasi dua faktor. Mudah bukan untuk menggunakan fitur autentikasi – dua faktor.

Setelah kalian berhasil mengaktifkan autentikasi dua – faktor nanti kalian akan dikirimkan kode oleh facebook. Kode tersebut merupakan kode autentikasi dua faktor milik kalian. Kode ini seperti kode keamanan kalian untuk masuk kedalam facebook.

Aktifkan fitur peringatan login

Cara Agar Akun Fb Tidak Bisa Di Hack

Selain fitur autentikasi dua – faktor facebook masih punya fitur pengamanan lain seperti peringatan login. Seperti namanya fitur peringatan login akan bekerja saat akun facebook kalian terindetifikasi login pada perangkat tidak dikenal. Mau dimanapun perangkat tidak dikenal login pasti akan terditeksi entah itu melalui browser, dekstop, aplikasi facebook ataupun menggunakan VPN sekalipun.

Fitur ini hampir sama dengan fitur pengamanan akun milik google dimana setiap akun kalian login diperangkat tidak dikenal pasti secara otomatis kalian akan mendapatkan notifikasi dari Gmail. Untuk akun Google kalian tidak perlu mengaktifkannya sendiri fitur ini aktif secara otomatis. Lalu untuk facebook sendiri kalian perlu mengaktifkannya, maka simak panduan dibawah ini.

Sama seperti sebelumnya à masuk facebook melalui browser lalu klik garis 3 vertikal yang berada pada pojok kanan atas à scroll sampai menemukan menu pengaturan & privasi à lalu klik menu pengaturan à cari menu info login dan keamanan à cari menu dapatkan peringatan login à tinggal kalian pilih notifikasi mana yang akan kalian gunakan ada banyak pilihan.

Melalui aplikasi facebook à install facebook terlebih dahulu lalu masuk à geser kekanan hingga berada pada menu titik 3 vertikal à scroll kebawah hingga menemukan menu pengaturan & privasià setelah itu klik nanti akan muncul opsi lain à pilih opsi pengaturan àcari menu keamanan dan info login àscroll hingga menemukan menu “dapatkan peringatan tentang login tidak dikenal” àsetelah itu tinggal pilih notifikasi mana yang kalian inginkan, selain itu kalian juga bisa menambahkan alamat email atau nomor hp untuk notifikasi tersebut.

Nonaktifkan fitur remember password saat menggunakan perangkat umum

Cara Agar Akun Fb Tidak Bisa Di Hack

Panduan ini berlaku buat kalian yang sering masuk akun facebook menggunakan perangkat umum. Seperti warnet, komputer sekolah, hp milik teman jangan centang remember password. Ketika kamu mencentang remember password perangkat tersebut bisa masuk akun facebook kalian tanpa harus memasukan kata sandi. Maka berhati – hatilah sebelum login melalui perangkat umum hal ini berlaku pada semua akun.

Bila tidak dalam keadaan mendesak maka tidak perlu login pada perangkat umum hal tersebut sangat membahayakan akun kalian. Kita tidak tau orang – orang yang akan menggunakan perangkat tersebut. Terlebih kita tidak tahu apakah perangkat tersebut terpasang tools keylogger atau tidak. Keylogger merupakan alat yang berfungsi untuk menyimpan apa yang kita ketik pada perangkat tersebut.

Hapus informasi login saat kalian selesai menggunakan akun facebook pada perangkat umum. Pada saat kalian login akun facebook lokasi dan nama perangkat kalian akan terbaca. Hal ini berfungsi saat kalian melupakan sandi akun facebook kalian lalu alamat pemulihan juga tidak aktif.

Maka facebook akan mengenalinya melalui informasi login untuk mengindentifikasi bahwa itu benar – benar akun kalian. Untuk mengeceknya ikuti panduan dibawah ini cara mengaktifkannya :

Login facebook melalui browser ataupun aplikasi facebook à hampir sama seperti sebelumnya tetapi saat pada saat masuk keamanan dan login pilih menu tempat anda login dan klik lihat semua à setelah itu akan muncul informasi login à misalkan ada perangkat yang anda tidak kenal klik titik 3 pada samping nama perangkat à lalu pilih menu keluar.

Penutup

Demikian ulasan tentang cara agar akun fb tidak bisa di hack. Dengan mengikuti panduan diatas akun facebook kalian akan lebih aman ketimbang sebelumnya. Kami memiliki banyak artikel yang membahas tips dan trik, bila kalian tertarik cek melalui menu website kami. Bagikan artikel ini juga ke teman teman kalian siapa tau mereka membutuhkannya.

Apabila kalian juga memiliki pertanyaan tulis melalui kolom komentar. Terimakasih telah membaca artikel kami.

 

 

Post a Comment for "Cara Agar Akun Fb Tidak Bisa Di Hack"