Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps

Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps

Tekhnopedia.my.id - cara melacak hp yang hilang lewat google maps, kemajuan teknologi membawa kita kedalam dunia yang serba praktis. Kita tak perlu lagi sulit mencari suatu lokasi dari sebuah wilayah. Tinggal ketikan nama wilayah tersebut postingan yang menceritakan tentang wilayah tersebut akan bermunculan, selain postingan kita juga mendapatkan petunjuk untuk mengunjungi wilayah tersebut. Alat ini dinamakan dengan Google Maps, sebuah aplikasi yang dibuat oleh Google yang berfungsi sebagai alat petunjuk perjalanan atau hanya sekedar melihat lokasi wilayah.

Untuk mengamankan Akun Google kamu bisa menghapus your timeline secara rutin. Google terus meningkatkan kesempurnaan dari Google Maps entah dari fitur, tampilan, dan memperluas wilayah yang dapat dijangkau.

Salah satu fitur yang bisa terus ditingkatkan adalah fitur mencari keberadaan Handphone yang hilang. Dengan menggunakan Google Maps kita bisa dengan mudah menemukan keberadaan handphone hilang asalkan handphone tersebut menghidupkan GPS. Berikut ini cara menggunakan fitur tersebut.

Melacak Keberadaan Handphone dengan Google Maps

Fitur – fitur yang terus ditingkatkan Google Maps merupakan fitur yang mempermudah kita dalam melakukan perjalanan. Kita dapat mengetahui jadwal Bus, jadwal buka tutup toko, stok dari toko, medan dari wilayah yang akan dituju, lalu lintas wilayah, kepadatan wilayah, mencari jalur tercepat, dan masih banyak lainnya.

Hampir semua aplikasi seperti ojek online, menghitung seberapa jauh kita telah melakukan perjalanan menggunakan peta dari Google Maps. Membahas fitur tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas melacak keberadaan Handphone dengan menggunakan Google Maps. Berikut ini langkah – langkahnya  untuk melacak keberadaan handphone dengan menggunakan Google Maps. Kamu juga bisa melihat riwayat lokasi yang telah kamu kunjungi dengan aplikasi Google Maps.

Buka Aplikasi Google Maps

Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps

Sepertinya handphone sekarang telah terinstall otomatis aplikasi dari Google yang terpenting Google Maps dalam keadaan versi terbaru. Jika belum perbarui Google Maps melalui Playstore. Silahkan membuka aplikasi google maps terlebih dahulu.

Klik ikon profil akun Google di pojok kanan atas

Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps

Setelah melakukan pembaruan buka aplikasi Google Maps dan klik ikon yang dikotaki pada gambar. Ikon ini berisi menu yang ada pada aplikasi Google Maps seperti pengaturan dan masih banyak lainnya.

Klik menu “Berbagi Lokasi” atau “Location Sharing”

Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps

Cek terlebih dahulu apakah Google Maps kamu menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Bila menggunakan bahasa Indonesia maka kamu pilih opsi menu bagi lokasi dan bila bahasa Inggris pilih opsi menu Location Sharing. Bahasa Google Maps sendiri menyesuaikan dari bahasa handphone yang kamu gunakan.

Bagikan Lokasi

Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps

Nanti akan muncul menu seperti yang ada pada gambar, kamu bisa menentukan berapa lama durasi waktu berbagi lokasi. Bila kamu ingin beberapa jam saja membagikan lokasi tinggal klik + untuk menambahkan durasi waktu dan – untuk mengurangi durasi atau hingga kamu menonaktifkan sendiri fitur berbagi lokasi. Selain itu kamu dapat memilih siapa yang akan menerima lokasi kamu dan dari berbagai macam platfrom aplikasi yang ada pada gambar. Jangan lupa untuk menghidupkan GPS saat membagikan lokasi.

Pilih platfrom yang sesuai

Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps

Admin akan mencontohkan melalui platfrom aplikasi Whatsapp, klik ikon Whatsapp setelah itu kamu akan diminta untuk menghidupkan GPS bila sudah dihidupkan klik Ok, lalu pilih kontak atau grup yang ingin kamu bagikan lokasi klik kirim pesan, maka otomatis akan membagikan lokasi.

Berbagi Lokasi Sukses

Setelah kamu membagikan lokasi dengan kontak Whatsapp maka kontak tersebut bisa melihat posisi handphone. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mencari keberadaan handphone. Saat kontak yang kamu bagikan lokasi membuka link maka kontak tersebut akan mendapat informasi seperti pada gambar.

Informasi tersebut berupa nama akun dari pengirim, lokasi sekaligus rute, presentase baterai. Orang yang mengklik link juga bisa membagikan lokasi. Dengan begitu kamu berhasil membagikan lokasi terkini kamu.

Menonaktifkan fitur berbgai lokasi

Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps

Tak ingin terlalu lama membagikan lokasi namun, terlanjur memilih durasi. Tak perlu menunggu durasi untuk menonaktifkannya. Kamu hanya perlu menghentikan secara paksa walaupun kamu telah menentukan berapa lama lokasi dibagikan, dengan cara kembali ke aplikasi Google Maps lalu pilih hentikan. Maka otomatis berbagi lokasi akan dihentikan.

Fitur berbagi lokasi cukup aman untuk digunakan karena hanya orang yang bisa meilhat posisi kamu melalui link yang dibagikan. Jadi selama kamu mengirimkan ke kontak yang benar kamu tak perlu khawatir. Bila terlanjur mengirim kepada kontak yang salah tak perlu panik tinggal nonaktifkan paksa cara seperti diatas.

Memang fitur ini tak efektif untuk melacak keberadaan handphone pasalnya kamu harus membagikannya terlebih dahulu. Tapi cara ini sangat efektif bila teman kamu ingin mengetahui lokasi kamu. Tenang kami tidak hanya menyajikan artikel bagaimana cara menghidupkan fitur berbagi lokasi.

Kami tahu fitur ini tidak begitu berguna bila untuk melacak handphone yang hilang. Maka dari itu simak berikut ini cara untuk melacak keberadaan handphone. Namun, cara ini menggunakan bantuan aplikasi lain, akan tetapi masih menggunakan Google Maps sebagai acuan untuk menelusuri wilayah tersebut.

Temukan Ponsel Anda

Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps

Bantuan aplikasi lain yang kami maksud adalah temukan ponsel anda atau dalam bahasa inggris find my device. Dengan menggunakan aplikasi find my device kamu bisa melacak keberadaan handphone menggunakan akun google. Selain untuk melacak kamu juga bisa sekaligus mengirimkan pesan. Berikut ini cara menggunakan aplikasi temukan ponsel anda.

Buka aplikasi

Pertama install terlebih dahulu aplikasi temukan ponsel anda di playstore ke handphone cadangan atau handphone selain yang ingin kamu lacak keberadaanya. Kamu bisa menggunakan handphone apapun asalkan Android.

Login Sebagai Tamu

Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps

Selanjutnya kamu perlu login ke Akun Google kamu yang ada pada handphone yang ingin kamu lacak keberadaanya. Maka dari itu selanjutnya pilih akun google yang sesuai. Tak perlu khawatir akun google hilang karena aplikasi ini dibuat oleh Google. Pastikan akun yang kamu masukan sesuai dengan akun google yang ada pada handphone yang ingin kamu lacak.

Pilih menu

Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps

Ada tiga menu yang tersedia jika kamu berhasil masuk, menu tersebut adalah amankan perangkat, hapus perangkat, putar suara ( kirim pesan ), sisa baterai, kartu yang digunakan, nama perangkat, dan lokasi dari handphone. Pilih menu putar suara digunakan untuk mengirimkan pesan, atau hapus perangkat untuk mereset semua data.

Lokasi yang ditampilkan hampir akurat karena otomatis GPS pada perangkat tersebut akan hidup dan langsung membagikan lokasi. Kamu juga mengunci perangkat dan menambahkan pesan kostum dan nomor kontak pada layar kunci. Cara menemukan handphone dengan aplikasi ini bisa sangat diandalkan saat kamu kehilangan handphone. Maka dari itu jangan lupakan sandi dari akun google kalian.

Penutup

Tak sulit bukan untuk menemukan handphone kamu yang hilang. Dengan mengikuti panduan diatas semoga bisa mempermudah kalian untuk menemukan lokasi smartphone yang hilang atau berbagi lokasi. Bagikan artikel ini ke teman sosmed kalian agar mereka tahu cara melacak handphone mereka atau membagikan lokasi.

Bila ada pertanyaan bisa tanyakan di kolom komentar, berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Tidak usah sungkan – sungkan bila ingin mengirimkan pesan ke email kami insyallah kami akan membalas cepat. Mungkin artikel selanjutnya kami akan membahas tentang cara melacak nomor hp, agar tidak ketinggalan artikel kami bisa mengikuti wesbite kami di menu berlangganan. Terimakasih

 

 

 

Post a Comment for "Cara Melacak HP yang Hilang Lewat Google maps"