Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Programmer Untuk Pemula

buku untuk programmer pemula, buku programer untuk pemula, buku programer untuk pemula pdf, buku belajar coding pemula, buku belajar it, buku belajar programming, buku belajar pemrograman, buku coding pemula, buku pemrograman untuk pemula

Tekhnopedia.my.idbuku programer untuk pemula, ada banyak buku yang membahas tentang programer dan juga ada tingkatan-tingakatan dari buku tersebut. Untuk mempelajari progam jika langsung pada yang sulit pasti selanjutnya kita akan malas untuk mempelajari progam dan berkata bahwa itu sulit tidak mungkin aku bisa menguasainya.

Nah, maka dari itu sebelum belajar hal baru kita harus memulainya pada hal mudah terlebih dahulu agar kita tidak terlalu kesulitan. Sama dengan belajar progam ada beberapa tingkatan tersendiri. Progam biasanya digunakan untuk membuat software, hardware, dan masih banyak lainnya.

Progam adalah bahasa yang diterjemahkan oleh sistem. Dan masing-masing bahasa memiliki fungsi yang berbeda-beda. Biasanya untuk tahap pemula disarankan untuk belajar bahasa HTML, walaupun HTML sendiri tidak masuk dalam bahasa programer. Namun cara kerjanya hampir sama dengan bahasa yang lainnya. Terlebih HTML tidak begitu sulit untuk dipelajari jadi sangat cocok untuk tahap awal.

Pengertian Coding

buku untuk programmer pemula, buku programer untuk pemula, buku programer untuk pemula pdf, buku belajar coding pemula, buku belajar it, buku belajar programming, buku belajar pemrograman, buku coding pemula, buku pemrograman untuk pemula

Coding adalah kegiatan mengabungkan kumpulan kode dengan huruf dan angka yang sesuai dengan aturan penulisan dari bahasa pemograman. Seperti penjelasan sebelumnya bahasa pemograman ada banyak dan masing-masing dari bahasa tersebut memiliki fungsi, cara penulisan yang berbeda-beda. Untuk membuat suatu progam berjalan dengan baik, perlu adanya kode, huruf, dan angka yang sesuai. Kegiatan tersebut yang dinamakan dengan coding dan orang yang melakukannya disebut programer.

Pada saat pertama kali kamu belajar bahasa pemograman mungkin akan kesulitan dan berfikir apa gunanya setelah belajar pemograman. Biasanya pemikiran itu datang ketika kamu belajar pertama kali atau pada pertengahan. Selalu ingat tujuan awal kamu belajar pemograman agar kamu tidak bosen mempelajari bahasa tersebut. Karena setiap bahasa pemograman memiliki fungsi yang berbeda jadi kamu harus tentukan di awal. Untuk lebih memudahkan dalam belajar kamu bisa mengikuti kursus online maupun offline.

Buku-Buku Pemograman untuk pemula

Kamu perlu buku yang memberikan informasi yang detail dan tidak sulit untuk dipelajari. Karena bahasa pemograman sendiri adalah kumpulan kode dari huruf maupun angka jadi akan sulit untuk menghafalkan itu. Maka dari itu kami akan memberikan rerfrensi buku yang menjelaskan setiap detail dari kode tersebut.

1. The Pragmatic Programmer : Your Journey to Mastery

buku untuk programmer pemula, buku programer untuk pemula, buku programer untuk pemula pdf, buku belajar coding pemula, buku belajar it, buku belajar programming, buku belajar pemrograman, buku coding pemula, buku pemrograman untuk pemula

The pragmatic programmer : your journey to mastery adalah buku para programer yang cukup terkenal didunia. Buku ini cocok untuk para programer dari pemula sampai yang sudah ahli. Buku ini akan mengubah pandangan kamu tentang pemograman, selain itu kamu akan mendapatkan banyak hal baru yang tidak ada pada buku pemograman lainnya.

Buku ini tak hanya membahas satu bahasa pemograman tertentu, melainkan membahas lebih luas tentang dunia pemograman. Meskipun tidak fokus dalam satu topik bahasa pemograman, namun isi dari buku ini mudah dimengerti dan juga lengkap. Karena buku ini tidak membahas satu bahasa pemograman kamu akan lebih mudah memilih bahasa pemograman yang cocok untuk kamu pelajari sesuai dengan tujuan awal kamu belajar bahasa pemograman. Buku ini ditulis oleh Andrew Hunt dan Dave Thomas.

Harga dari Buku The Pragmatic Progammer sekitar 50ribu sampai 200 ribu.

2. The Art of Computer Programming

buku untuk programmer pemula, buku programer untuk pemula, buku programer untuk pemula pdf, buku belajar coding pemula, buku belajar it, buku belajar programming, buku belajar pemrograman, buku coding pemula, buku pemrograman untuk pemula

The art of computer programming buku ini cocok untuk para pemula karena isinnya yang membahas masalah-masalah yang sering terjadi di dalam pemograman. Buku ini memiliki 7 Volume membahas tentang algoritma. Volume 1 membahas tentang fundamental Algorithms, Volume 2 membahas tentang seminumerical algorithms, Volume 3 membahas sorting dan searching, Volume 4 membahas combinatorial algorithms, Volume 5 membahas syntactic algorithms, Volume 6 membahas theory of context free dan Volume 7 membahas compiler techniques, planned.

Hal menarik dari buku ini adalah menampilkan kumpulan masalah yang sering dihadapi oleh para programer dan bagaiman memecahkan masalah tersebut. Selain kumpulan masalah buku ini terdapat latihan berbagai studycase masalah klasik. Sehingga kamu dapat belajar dari studycase tersebut dan meningkatkan keterampilan dalam dunia coding. Memiliki 7 volume jadi yang dibahas cukup lengkap. Ada pula membahas seputar matematika seperti teknik bukti, teori bilangan dasar, kombinatorik. Karena matematika sendiri sangat berhubungan dalam dunia coding jadi yang tawarkan buku ini sudah cukup lengkap untuk meningkatkan skill kamu.

Harga dari Buku The Art of Programming sekitar 100 ribu sampai 250 ribu.

3. Introducing to Algorithms

buku untuk programmer pemula, buku programer untuk pemula, buku programer untuk pemula pdf, buku belajar coding pemula, buku belajar it, buku belajar programming, buku belajar pemrograman, buku coding pemula, buku pemrograman untuk pemula

Introducing to algorithms buku ini membahas tentang struktur dasar dan algoritma yang merupakan kunci dari pemograman serta membahas dasar pemograman secara luas. Jadi buku ini cocok bagi para pemula, tak hanya itu buku ini juga sering digunakan pada universitas. Kamu bisa belajar memecahkan masalah dengan studycase dalam bentuk kode yang mudah untuk dimengerti.

Terdapat 3 edisi dari buku ini, dan pada edisi pertama membahas seputar struktur dasar dan algoritma. Pada edisi kedua buku ini membahas seputar peran dari algoritma dan analisis probabilistik serta algoritma acak. Pada edisi ketiga buku ini membahas struktur van emde boas tress dan algoritma multithread, pemograman dinamis dan aliran berbasis edge.

Buku ini sangat disarankan para pemula karena buku ini sering digunakan pada universitas jadi buku ini sudah dipastikan berisi pemograman dari dasar. Terdapat juga soal-soal latihan jadi kamu bisa sekalian praktek.

Harga dari Buku introducing to Algorithms sekitar 200 ribu sampai 300 ribu.

Manfaat Belajar Pemograman

Belajar bahasa pemograman sebenarnya bisa dibilang begitu membosankan apalagi pada saat awal-awal kamu belajar pasti ada titik jenuh untuk mempelajari bahasa pemograman. Maka dari itu perlu adanya dorongan atau motivasi agar kamu tidak bosan. Nah, mungkin dengan menampilkan manfaat dari belajar bahasa pemograman dibawah ini bisa menjadi motivasi kamu untuk terus belajar bahasa pemograman. Berikut ini manfaat dari belajar bahasa pemograman

A. Meningkatkan kreativitas dan logika

Meningkatkan kreativitas dan logika tentu sangat bisa dilakukan dengan belajar bahasa pemograman, saat kamu melakukan pembelajaran bahasa pemograman diperlukan adannya logika untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada menggabungkan kode satu dengan kode yang lainnya. Kreativitas dan imajinasi yang tinggi perlu untuk membayangkan jika kode ini digabungkan dengan kode lainnya akan jadi seperti apa, dan saat membuat sebuah sistem atau aplikasi kita perlu membayangkan terlebih dahulu sistem yang akan kita buat seperti pola, fungsi, serta tampilan awal.

B. Mendapatkan uang tambahan

Setelah kamu bisa menggabungkan kode satu dengan kode lainnya maka akan terbentuk suatu sistem, nah jika kamu berhasil membuat sistem yang bisa kamu jual, kamu akan mendapatkan uang tambahan. Selain itu jika kamu berhasil membuat aplikasi dan menambahkan iklan didalamnya kamu juga bisa menghasilkan uang. Saat kamu sudah ahli dalam bahasa pemograman kamu juga bisa menjadi freelancer. Perusahaan juga banyak yang membutuhkan seoarang programmer apalagi di Indonesia masih sedikit orang yang belum menguasai skill ini.

Tips Belajar Bahasa Pemograman

A. Pilih bahasa pemograman yang sesuai dengan tujuan awal

Karena masing-masing bahasa pemograman memiliki fungsi yang berbeda. Maka dari itu kamu perlu memilih bahasa pemograman yang akan kamu gunakan untuk mewujudkan tujuan awal kamu. Jadi kamu tida akan bingung selanjutnya kamu harus ngapain dan kamu jadi termotivasi terus menerus untuk mewujudkan tujuan awal yang telah kamu bayangkan sebelumnya. Untuk pemula lebih baik belajar terlebih dahulu bahasa C++, C, C#. Selanjutnya kamu bisa memilih bahasa yang sesuai.

B. Buat jadwal secara teratur

Bahasa pemograman merupakan bahasa yang sulit untuk dihafalkan jadi kamu perlu terbiasa dengan bahasa tersebut. Belajar bahasa pemograman agar terbiasa kamu perlu adanya jadwal teratur. Memang pada awalnya akan sulit tapi lama-kelamaan akan terbiasa. Untuk pertama kali belajar jangan terlalu memaksakan, tidak perlu waktu yang lama untuk belajar cukup 30 menit sampai 1 jam. Jika sudah mulai terbiasa jam belajar bisa ditingkatkan. Kamu bisa membuat jadwal dengan menggunakan Google Calender atau menambahkan alarm di smartphone kamu. Bahasa pemograman merupakan bahasa yang sulit untuk dihafalkan jadi kamu perlu terbiasa dengan bahasa tersebut.

C. Praktek

Jika hanya dihafalkan pasti akan cepat lupa. Maka dari itu kamu perlu melakukan praktek saat belajar bahasa pemograman. Ketika hanya membaca buku-buku tanpa adannya praktek pasti akan kesulitan untuk menguasai bahasa pemograman tersebut. Berbeda ketika melakukan praktek kamu bisa mengulang sampai kamu paham. Jika kamu sedang bingung maksud dari kode tersebut kamu bisa melihat tayangan di YouTube yang menampilkan penjelasan tentang materi tersebut, atau dengan mengikuti kursus online.

D. Perbaiki sendiri

Saat kamu menemukan kesalahan dalam kode kode tersebut, kamu bisa memperbaikinnya sendiri tanpa bantuan Google atau yang lainnya. Karena saat kamu berhasil menemukan masalah dan bisa memperbaikinnya kedepannya kamu akan mudah dan tidak terbiasa oleh bantuan Google atau orang lain. Cari dengan teliti setiap kode yang telah kamu buat. Membayangkan struktur dari setiap kode dan fungsi-fungsi dari kode tersebut.

Pentupan

Dalam belajar bahasa pemograman memerlukan kedisiplinan serta ketelitian. Jangan pantang menyerah untuk hal baru, setelah itu semua kamu lewati ada hadiah setelahnya. Terus belajar dan buktikan bahwa kamu bisa. Buku-buku tersebut bisa kamu dapatkan di Tokopedia, Shoppe, Blibli, Bukalapak, atau marketplace. Masing-masing buku memiliki harga yang berbeda-beda. Terimakasih

 

 

 

 

Post a Comment for "Buku Programmer Untuk Pemula"