Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Windows 10 Lemot?

windows 10 lemot setelah update, windows 10 lemot saat booting, windows 10 lemot internet, windows 10 lemot setelah install ulang, windows 10 lemot di ram 4gb, windows 10 lemot di ram 2gb

Tekhnopedia.my.id – pernakah kamu bertanya-tanya mengapa komputer atau laptop kamu terasa lemot? Mungkin hal ini diakibatkan oleh Sistem Operasi yang kamu gunakan. Apalagi jika kamu menggunakan sistem operasi windows 7 lalu melakukan update ke windows 10.

Walaupun terbilang Sistem Operasi terbaru dari windows dan pastinya lebih baik ketimbang versi yang sebelumnya, tapi tidak menuntut kemungkinan bahwa menggunakan windows 10 bisa berakibat lemot pada komputer ataupun laptop. Selalu ada kekurangan bukan dari setiap hal? Sama seperti windows 10 yang tetap memiliki kekurangan entah itu kinerja atau kecepatan.

Maka dari itu kita akan membahas kenapa windows 10 lemot, cara mengatasi hal tersebut, beberapa faktor yang mengakibatkan windows 10 lemot, dan beberapa kelebihan dari windows 10 ketimbang windows sebelumnya. Simak berikut ini!!!

Faktor-Faktor Penyebab Windows 10 Lemot

1. Banyak aplikasi yang berjalan

Tidak begitu disarankan untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Karena hal ini akan memaksa komputer atau laptop untuk bekerja lebih ekstra, setiap aplikasi itu memperlukan proses yang akan berjalan dan proses tersebut memamakan memori RAM yang kamu gunakan serta membuat CPU bersuhu tinggi.

Terlebih RAM dan Prosesor yang kamu gunakan sudah ketinggalan zaman hal ini akan sangat mempengaruhi. Untuk mengatasi hal tersebut disarankan untuk menggunakan aplikasi tidak bersamaan paling tidak gunakan aplikasi 2 atau 3.

2. Kapasitas RAM terlalu sedikit

Melanjutkan dari yang diatas memiliki RAM yang terlalu sedikit juga bisa mempengaruhi kinerja. RAM sendiri sangat berpengaruh untuk hal-hal tersebut, jika kamu tetap menginginkan menggunakan windows 10 lebih baik upgrade RAM terlebih dahulu. Jika sebelumnya masih 2GB kamu bisa tingkatkan hingga 8GB setelah kamu melakukan upgrade silahkan rasakan peforma yang meningkat.

Untuk laptop biasanya ada batasan-batasan untuk melakukan upgrade RAM disarankan mencari informasi pada laptop yang kamu gunakan apakah bisa melakukan upgrade RAM atau tidak.

3. Update driver

Kemungkinan yang selanjutnya adalah driver masih menggunakan versi lama atau belum diupdate, driver sendiri berfungsi untuk menjalankan beberapa aktivitas seperti wifi, bluetooth, suara dan lainnya. Karena driver memiliki peran penting disarankan untuk melakukan pengecekan versi setiap satu bulan sekali.

Jika driver belum kamu update mungkin akan terjadi beberapa bug, dan bug tersebut bisa menurunkan peforma dari komputer atau laptop kamu. Tak perlu khawatir untuk melakukan update driver kamu bisa mencarinya disitus resmi dari produk yang kamu gunakan atau menggunakan tool dari driver online.

4. Menggunakan penyimpanan HDD untuk sistem

Tak menutup kemungkinan menggunakan HDD jauh lebih murah ketimbang menggunakan SSD. Namun kecepatan yang dimiliki oleh SSD lebih unggul ketimbang HDD, hal ini karena SSD tersusun oleh chip memori sedangkan HDD menggunakan piringan cakram.

Memang harga untuk SSD mahal, namun kualitas jauh lebih baik ketimbang HDD dan SSD tahan terhadap goncangan karena tidak menggunakan piringan cakram. Untuk menghemat pengeluaran kamu, lebih baik menggunakan keduanya. SSD untuk menyimpan sistem dan HDD untuk penyimpanan data. Gunakan HDD candy jika kamu ingin menggunakannya pada laptop.

Mempercepat Kinerja Windows 10

1. Hapus beberapa program yang tidak penting

Tidak begitu sulit untuk mempecepat kinerja windows 10 kamu hanya perlu melakukan beberapa hal, seperti menghapus program yang tidak penting. Apalagi jika kamu sebelumnya menggunakan windows 7 lalu melakukan update ke windows 10 nantinya akan banyak program yang ikut keinstall.

Padahal program tersebut tidak begitu penting untukmu kamu bisa hapus program tersebut, karena program tersebut akan memakan memori RAM dan Cache. Sayang bukan jika memori kamu terpakai untuk hal yang tidak penting.

Caranya cukup mudah kamu tinggal pergi ke App & features, setelah itu kamu tinggal cari program-program yang tidak penting. Ada pula program yang tidak bisa digunakan di windows 10 jika ada sebaiknya hapus. Setelah semua dilakukan penyimpanan akan terasa lebih longgar dan kamu bisa menginstall program yang kamu butuhkan.

2. Matikan beberapa efek

Memang memiliki tampilan bagus dan menarik dengan menambahkan efek akan terasa lebih nyata. Namun, hal tersebut dapat terasa berat ketambahan jika spek pas-pasan. Nah untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mematikan beberapa efek. Banyak sekali efek yang tersedia seperti efek transparan dan efek animasi.

Efek transparan memiliki fungsi untuk memunculkan efek tembus pandang pada tampilan menu start dan jendela native. Untuk mematikan efek tersebut buka menu themes dan settings lalu klik matikan transparan efek cukup klik non centang pada opsi tersebut.

Efek animasi digunakan untuk menampilkan animasi pada tampilan jendela dan bar windows. Karena tidak begitu penting lebih baik dimatikan dengan cara masuk ke Advanced System Settings setelah masuk klik tab Advanced pada tab peformance lanjut klik settings lalu klik visual effects silahkan centang opsi adjust for best peformance dan klik ok.

Jika efek-efek diatas dimatikan komputer atau laptop akan terjadi delay beberapa menit untuk menyesuaikan penampilan. Untuk hasil yang lebih baik silahkan lakukan restart pada komputer atau laptop kamu.

3. Lakukan pengecekan Virus

Selain dapat merusak komputer atau laptop secara berkala, virus juga dapat memperlambat komputer atau laptop kamu. Jadi lakukan pengecekan setiap satu minggu sekali untuk menghindari virus-virus menyerang pearangkat kamu. Untuk melakukan pengecekan kamu bisa menggunakan windows defender dan jangan lupa lakukan update pada windows defender kamu.

Untuk menghidupkan fitur update otomatis windows defender silahkan membuka menu windows update settings setelah itu klik chek for update.

Kelebihan windows 10

Tak ingin melakukan kesalahan seperti versi sebelumnya yaitu windows 8 microsoft melakukan update untuk sistem operasi mereka yaitu ke windows 10. Dengan tetap menghadirkan nuansa windows 8 dan menambahkan fitur dari windows 7.

Mungkin disini kami akan membahasnya tidak begitu lengkap untuk kelebihan windows 10 dan untuk penjelasan lebih lanjut kamu bisa mengeceknya di artikel kami yang membahas kelebihan windows 10.

Dibandingkan dengan sistem operasi yang sebelumnya windows 10 lebih kompatibel di semua perangkat dan sudah dilengkapi teknologi virtual dekstop.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai kenapa windows 10 lemot, kamu bisa menerapkan tips-tips diatas pada komputer dan laptop kamu dan tips diatas juga bukan hanya berguna untuk windows 10, kamu bisa menggunakannya pada windows 8 atau 7 hanya sedikit perbedaan pada letak pengaturannya saja. Jika masih ada pertanyaan silahkan tanyakan dikomentar atau mengirimkan pesan ke email kami. Terimakasih

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengatasi hal tersebut

Untuk mengatasi beberapa hal diatas gunakanlah sesuai kemampuan kamu, tidak perlu mahal untuk terlihat lebih baik. Jika memang laptop atau komputer yang kamu gunakan masih menggunakan RAM, Prosesor versi lama lebih baik gunakan sistem operasi rendah.

Kamu bisa menggunakan sistem operasi dibawahnya seperti windows 8, windows 7, windows xp atau menggunakan sistem operasi linux. Linux sangat direkomendasikan jika komputer atau laptop kamu masih menggunakan versi lama. Kamu tetap bisa melakukan streaming atau mengetik.

 

Post a Comment for " Kenapa Windows 10 Lemot?"

Berlangganan via Email