Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android

Koneksi Internet Stabil

Tekhnopedia.my.id – perkembangan internet saat ini sangatlah pesat entah itu teknologi darat maupun teknologi udara. Hampir semua memerlukan koneksi internet untuk bisa menjalankan mesin-mesin teknologi terbaru saat ini. Tidak heran jika koneksi internet lemod dan tidak begitu stabil bisa menggangu sebuah pekerjaan. Bahkan koneksi internet yang tidak stabil bisa membuat seseorang emosi hinggan membanting peralatan tersebut.

Terlebih untuk pengguna android yang sering menggunakan smartphonenya entah untuk bekerja atau sekedar sebagai hiburan semata. Misalnya ketika sedang bermain game online lalu koneksi yang digunakan begitu lemod bahkan tidak stabil, hal ini bisa memicu emosi seseorang. Karena ketika bermain game online lalu koneksi tidak stabil bisa mengakibatkan game tersebut force close atau keluar dari permainan secara tiba-tiba, dengan begitu pemain bisa mendapatkan hukuman karena telah offline pada saat game dimulai.

Oke kali ini kita akan membahas permasalahan tersebut cara agar koneksi internet stabil di Android untuk tips kali ini selain bisa digunakan untuk Android tips ini juga bisa digunakan untuk semua tipe smartphone entah itu iphone atau windows phone.

Hal-hal yang mengakibatkan koneksi tidak stabil

Untuk mengatasi suatu masalah kita harus tau sebab-sebab hal itu bisa terjadi, maka dari itu kita akan membahas hal-hal yang mengakibatkan koneksi tidak stabil terlebih dahulu. Setelah itu kita bisa menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Provider sedang dalam perbaikan

Biasanya yang menyebabkan koneksi tidak stabil adalah provider yang kamu gunakan sedang dalam perbaikan, hal ini sering terjadi ketika hujan lebat sehingga kabel yang memancarkan jaringan putus dan perlu adanya perbaikan, dan saat perbaikan tersebut memerlukan pemutusan kabel sehingga tidak ada jaringan yang dipancarkan.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut memerlukan beberapa hari. Jadi jika provider yang kamu gunakan sedang dalam perbaikan kamu bisa mengganti ke provider lain terlebih dahulu atau kamu tidak bermain game karena jaringan tidak stabil dan akan menyebabkan force close dan kamu mendapatkan hukuman.

Dalam wilayah luar jangkauan

Pada saat kamu sedang melakukan wisata ke wilayah pegunungan atau wilayah terpencil. Kamu akan mengalami susah sinyal karena kamu sedang dalam wilayah luar jangkauan biasanya tempat-tempat tersebut belum ada tower yang dapat menjangkau sinyal. Namun, untuk hal ini tidak terjadi pada semua provider sehingga kamu bisa mengganti provider kamu untuk mendapatkan sinyal. Tanyakan ke orang setempat atau sebelum mengunjungi kamu sudah mencari info-info mengenai provider yang bagus untuk wilayah tersebut.

Tak hanya pada saat kamu sampai ke wilayah tersebut. Ketika kamu sedang dalam perjalanan susah sinyal pun sering terjadi, mungkin karena smartphone kamu tidak bisa mendapatkan jangkauan sinyal dengan baik. Jadi tidak disarankan saat melakukan perjalanan bermain game.

Cuaca Buruk

Cuaca buruk dapat mempengaruhi kualitas jaringan apalagi saat hujan deras dan banyak petir. Namun, keadaan ini tidak berlangsung lama saat hujan selesai jaringan akan normal kembali seperti sebelumnya. Hujan bisa sangat mempengaruhi kualitas jaringan karena curah air yang begitu besar dapat menghambat radio terestrial. Kelembapan juga dapat mempengaruhi kualitas jaringan.

Pemadaman Listrik

Menurut pengalaman saya, ketika pemadaman listrik terjadi sinyal tiba-tiba hilang, misalkan tidak hilang juga jaringan biasanya akan berubah dari 4G ke 3G hal ini terjadi secara otomatis. BTS atau Base Transceiver Station adalah infrastruktur telekomunikasi nirkabel antara alat komunikasi dan jaringan operator, jadi BTS ini lah yang menyalurkan jaringan smartphone kamu dan alat ini bekerja memakai energi listrik. Maka dari itu ketika pemadaman listrik terjadi sinyal biasanya akan tiba-tiba hilang, walaupun BTS memiliki UPS. Namun, hal ini tidak bisa berlangsung lama karena hanya mampu  menampung daya listrik sekitar 3-5 jam tergantung besar UPS.

Untuk mengatasi hal tersebut

kamu bisa menggunakan VPN, menggunakan hardware peningkat jaringan. Untuk VPN sendiri kami sudah membahas pada artikel sebelumnya yang berjudul VPN penguat Sinyal, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah kami sarankan pada artikel VPN penguat Sinyal.

Penutup

Mudah bukan untuk membuat koneksi stabil di Android, dengan begitu kamu bisa memainkan game dengan aman tanpa terganggu oleh koneksi yang tidak stabil. Jika kamu memiliki pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirimkan pesan melalui sosmed kami atau email kami. Terimkasih

Post a Comment for "Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android"