Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bot Telegram tanpa melakukan coding

Membuat Bot Telegram

Tekhnopedia.my.id Cara Membuat Bot Telegram, Bot Telegram adalah aplikasi tambahan yang berjalan dengan sendirinya di dalam telegram. Bot sama halnya dengan pengguna biasa yang menjalankan perintah-perintah yang sesuai dengan progam itu sendiri. Namun bot ini tidak bisa menggunakan nomor telepon, pengguna bot bisa mengirim chat sesuai dengan perintah yang sudah di setel admin.

Bot ini bisa sangat berguna buat kamu yang menjadi admin grup, karena bot ini bisa kamu jalankan untuk mengoperasikan grup tersebut, seperti mengirimkan file, menjawab chat. Keuntungan dari bot telegram ketimbang bot lainnya adalah kamu bisa sangat mudah mengatur pengaturan dari bot telegram.

Membuat dan Menyeting bot

Kamu tidak perlu melakukan coding untuk membuat bot telegram, kamu cukup login pada telegram kamu lalu mencari nama @manybot karena @manybot memiliki kemampuan untuk menciptakan mesin bot. Dan @manybot ini juga sebagai settings dari bot kamu.

Berikut ini langkah-langkah membuat bot telegram :

Cari @manybot pada menu pencarian

Membuat Bot Telegram

Setelah itu tinggal klik Manybot lalu klik mulai

Nanti akan muncul pilihan bahasa

Setelah itu akan muncul tulisan create a new bot, send new post to subscribers, help, dan tutorial nah kamu tinggal pilih create a new bot

Membuat Bot Telegram

Nanti kamu akan mendapatkan sebuah pesan seperti dibawah ini

Lalu klik @BotFather pada pesan tersebut untuk membuat nama bot dan mengambil token API.

Sesudah kamu klik bot father nanti akan muncul lagi dialog pesan dan dibawahnya ada tombol mulai, kamu klik tombol tersebut.

Ketik /newbot untuk membuat bot baru

Membuat Bot Telegram

Lalu buat username untuk bot kamu nantinya dan harus diakhiri dengan bot seperti gudangbot atau lainnya.

API token

Setelah kamu membuat nama bot kamu akan mendapatkan API token yang berguna untuk mengakses bot yang disediakan oleh telegram. API merupakan kode untuk berinteraksi dengan aplikasi tersebut, API sendiri biasanya digunakan untuk mengakses fungsi progam lain dari progam yang mereka buat.

Membuat Bot Telegram

Salin API token tersebut dan kirim ke @manybot setelah itu kamu tinggal tunggu balasan dari @manybot bahwa API token kamu sudah diterima.

Setelah itu kamu tinggal ketikan teks apapun pada @manybot dan @manybot akan memberi informasi bahwa bot kamu sudah siap digunakan.

Membuat Bot Telegram

Pengaturan Bot

Silahkan buka bot kalian terlebih dahulu (ketikan nama bot kamu ke kotak pencarian), bot akan menampilkan beberapa menu.

Membuat Bot Telegram

Berikut ini penjelasan dari menu-menu tersebut.

Costum Command : merupakan menu untuk membuat sebuah command atau perintah yang dapat di terima bot.

Send New Post to Subscribes : merupakan menu untuk yang digunakan untuk mengirimkan post terbaru yang akan di sebarkan oleh bot kepada subscribers.

Setting : berisi beberapa fitur untuk bot kita.

From Replies : merupakan menu yang berguna untuk mengecek jawaban dari subscribers kita.

Membuat Command pada bot. Klik Costum Command.

Nanti akan keluar menu pilihan Create Command dan Config.main menu.

Config main menu berguna untuk menampilkan menu yang telah kita buat dan proses menu perintah.

Create Command berguna untuk membuat Command baru atau perintah baru.

Setelah kamu memahami fungsi dari masing-masing menu sekarang kita akan mencoba untuk membuat perintah pada bot kita.

Pilih Create Command  lalu masukan perintah yang akan dijalankan , setelah itu beri respon terhadap perintah tersebut.

Berikut ini contoh gambar

 

Membuat Bot Telegram

Dari gambar berikut kita membuat perintah /hi nah setelah itu kita beri respon dari perintah tersebut. Jika sudah selesai klik save.

Nah dalam menu setting tadi ada beberapa perintah yang sangat berguna untuk bot kita berikut ini penjelasan dari perintah tersebut.

Channels : merupakan menu yang memberi akses kepada bot kita untuk mengakses channel dari telegram kita.

Timezone : merupakan menu yang menampilkan data waktu.

Auto posting : merupakan menu yang berguna untuk melakukan autopost, kamu bisa mengambilnya dari feed, website, youtube, dan lain sebagainya. Ketika kita melakukan update terhadap youtube, website atau lainnya, maka bot akan otomatis melakukan posting yang telah kita lakukan atau memberikan pemberitahuan jika ada postingan terbaru.

Melakukan percobaan terhadap bot

Nah, kegiatan selanjutnya kita harus mencobanya terlebih dahulu sebelum melakukan tugasnya. Caranya cukup mudah kamu hanya tinggal membuat grup yang berisikan bot kamu dan setelah itu kamu tinggal mencoba command atau perintah yang telah kamu buat tadi. Dan jika ada kesalahan atau tidak memberikan respon kamu bisa memperbaiki bot tersebut.

Bot ini bisa sangat berguna untuk melakukan posting-posting atau melakukan perintah disaat kita tidak sedang membuka telegram. Terlebih bot ini bisa kamu gunakan untuk admin grup dan jika kamu mempunyai jualan yang terhubung dengan telegram kamu juga bisa menggunakannya.

Penutup

Itulah merupakan cara untuk membuat bot telegram. Jika ada pertanyaan kamu bisa tanyakan dikomentar atau bisa juga mengirimkan email ke halaman kontak kami. Sekian dan terimakasih

 

 

Post a Comment for " Cara Membuat Bot Telegram tanpa melakukan coding"