Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih RAM Laptop Berdasarkan Kebutuhan

Teknopedia.my.idKali ini Tekhnopedia akan membagikan beberapa tips cara memilih RAM yang cocok kamu gunakan untuk Leptop maupun Komputer sesuai dengan kebutuhan.

RAM atau (Random Access Memory) adalah salah satu perangkat keras yang berperan penting dalam sebuah komputer atau leptop demikian juga dengan android.

Karena pentingnya RAM dalam perangkat Laptop, maka dari itu kita perlu mengetahui bagaimana cara untuk memilih RAM yang sesuai kebutuhan yang akan kita beli. Fungsi RAM sendiri adalah menjalankan setiap progam yang kita gunakan.

Tidak sedikit orang memilih RAM dengan cara asal-asalan dan membeli RAM untuk Laptop maupun Komputer. Padahal fungsi RAM sangat penting dan jika disepelekan nantinya progam yang sedang dijalankan akan bermasalah.

Kali ini Tekhnopedia akan membagikan beberapa tips cara memilih RAM yang cocok kamu gunakan untuk Leptop maupun Komputer sesuai dengan kebutuhan.

Memilih RAM yang Cocok

Sebelum membeli RAM perlu kamu ketahui apa saja yang perlu diperhatikan dalam membeli RAM apakah untuk Gaming atau untuk Keperluan Tulis menulis. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu kalian ketahui sebelum membeli RAM.

Cek Versi RAM

RAM sesuai kebutuhan

Banyak sekali versi RAM, biasanya pada komputer menggunakan versi DDR atau Double Data Rate sebagai metode mentransfer data dalam satu siklus.

DDR RAM tersebut memiliki 5 Versi diantaranya yaitu DDR1 DDR2 DDR3 DDR4 dan DDR5. Lalu bagaimana cara mengecek jenis atau versi RAM yang digunakan pada komputer atau Leptop kamu, kamu bisa menggunakan software Speccy dengan cara klik pada bagian slot.

Melakukan pengecekan versi RAM sangatlah penting jika ingin membeli RAM. Karena ketika versi RAM berbeda dengan versi yang telah diberikan oleh Pabrik sebelumnya tidak bisa dipakai. Nah maka dari itu cek versi RAM sangat penting.

Cek Konfigurasi RAM

Slot RAM

Untuk cara mengeceknya kamu hanya perlu menggunakan software tambahan yaitu Speccy. Software ini nantinya akan memberikan informasi spesifikasi komputer yang kamu gunakan begitu juga dengan RAM. Setelah itu kamu tinggal cek berapa jumlah slot RAM yang tersedia dan berapa jumlah slot yang telah digunakan.

Misalnya kamu memiliki 2 slot RAM pada Leptop kamu, dan masih tersisa satu slot RAM yang belum kamu gunakan, maka kamu bisa membeli RAM baru dan memasangnya pada slot yang masih kosong.

Jika kedua slot telah digunakan pada Leptop kamu, maka kamu hanya bisa mengupgrade atau mengganti RAM yang lama dengan RAM yang baru, kamu bisa mengganti RAM tersebut dengan kapasitas yang lebih besar.

Kecepatan RAM

cek kecepatan RAM

Ketika kalian membeli RAM, selain kamu harus memperhatikan yang diatas selanjutnya kamu juga harus memperhatikan kecepatan RAM, kamu bisa mengecek kecepatan RAM dengan cara membuka task manager.

Jika kecepatan RAM kamu yang dari Pabrik 2000mhz, kamu harus membeli diatas kecepatan tersebut atau sama dengan kecepatan itu, karena hal ini nantinya berpengaruh pada kecepatan RAM kamu, ketika kamu membeli lebih rendah,  kecepatan nantinya sistem akan menurunkan kecepatan 2000mhz dengan kecepatan sama yang kamu beli.

DIMM dan SO-DIMM

DIM dan SO-DIMM

SO-DIMM (Small Outline DIMM) digunakan untuk laptop dan Notebook. Jadi jika kamu ingin membeli RAM untuk Laptop pastikan kamu memilih jenis RAM  SO-DIMM.

Sedangkan DIMM kepanjangan dari Dual in-line Memory Modul adalah sebuah komponen intgrated circuit untuk hadware seperti RAM. Dan RAM dengan jenis ini digunakan untuk komputer dekstop dan server.

Arsitekur Sistem Operasi 32 Bit atau 64 Bit

cara cek berapa bit

Hal ini digunakan untuk menentukan seberapa banyak RAM yang dapat digunakan dalam sebuah komputer. Hal ini juga terdiri dari 2 sistem operasi yaitu 64 Bit atau 32 Bit.

Jika kamu belum mengetahui sistem mana yang laptop kamu gunakan kamu dapat mengecek dengan cara klik START ->> pilih KOMPUTER ->>klik KANAN ->> pilih PROPERTIES.

Untuk masalah perbedaan antara arsitektur 32 bit dan 64 bit yaitu jika 32 bit hanya mampu menampung RAM 4GB. Jadi jika kamu memiliki aristektur 32 bit lebih baik menggunakan RAM 4GB, jika kamu menggunakan RAM yang lebih besar dari 4GB sistem akan mengenali RAM 4GB saja.

Sedangkan untuk 64 bit dapat membaca RAM berkapasitas berapa saja bahkan sampai terabyte. Maka jika sangat disarankan untuk menggunakan aristektur 64 bit karena aman dan lebih cepat dibandingkan 32 bit.

Dual, Triple, dan Quad Channel

DDR3 Dual Channel RAM

Jika kita berpikir lebih banyak orang, maka pekerjaan itu akan lebih cepat selesai begitu juga dengan RAM. Jika kamu menggunakan RAM 4GB tentunya akan lebih cepat dibandingkan dengan RAM 2GB.

Pengertian RAM dengan Dual Channel, ini berati kamu dapat menggunakan 2 RAM sekaligus dalam satu komputer atau Laptop, begitu juga arti Triple berati 3 RAM, sedangkan Quad Channel mampu menggunakan 4 RAM sekaligus.

Jika kamu menginginkan menggunakan RAM Dual, Triple, Quad Channel, maka RAM tersebut harus memiliki spesifikasi yang sama supaya memiliki peforma yang lebih tinggi.

Misalnya kamu menggunakan RAM DDR3-1600 sebesar 2GB, maka kamu bisa membeli RAM dengan spesifikasi yang sama atau menggunakan RAM yang lebih besar meskipun dengan Merek yang berbeda.

Pilih RAM dengan HeatStink

Jika kamu menggunakan Komputer, lebih baik mengunakan Heatstink karena sekarang ini komputer banyak digunakan untuk bermain game hal ini tentu banyak memakan waktu. Oleh karena itu jika kamu menggunakan Laptop atau Komputer untuk bermain game lebih baik gunakan RAM yang memiliki Heatstink.

Heatstink adalah alat pembuang panas atau penukaran panas yang memindahkan panas yang dihasilkan oleh alat elektronik atau mekanik ke sebuah medium fluida yang sering kali berupa pendingin udara atau cair, dan panas akan dikeluarkan dari alatnya dan suhu alat akan tetap terjaga pada suhu yang optimal. Untuk Laptop sendiri tidak perlu menggunakan.

Gunakan Merk RAM Terbaik

RAM VGEN

RAM sendiri banyak sekali Merknya, nah jika kamu ingin membeli RAM lebih baik menggunakan Merk RAM yang sudah ternama, seperti Team, Corsair, Kingston, Adata, Vgen. RAM dengan Merk ternama tentunya selain memiliki kualitas Merk ternama juga banyak digunakan kebanyakan orang, jadi jika ada masalah mudah untuk mencari solusinya. Selain itu juga Merk ternama memiliki Garansi  jadi bila RAM tersebut rusak bisa ditukar kembali.

Kesimpulan

RAM merupakan komponen terpenting, jadi sebelum memilih RAM yang akan digunakan Laptop ataupun Komputer disarankan untuk mengikuti tips diatas, dan untuk pemasangan RAM, kamu bisa menggunakan jasa service RAM untuk melakukan pemasangan. Karena selain melakukan pemasangan nantinya RAM yang baru dipasang juga harus disetting terlebih dahulu agar sistem mengenali.

Demikian Informasi mengenai cara membeli RAM sesuai dengan kebutuhan Laptop kamu. Jika kamu memiliki saran bisa berikan di komentar atau melakukan kontak di halaman kontak. Terimakasih

 

 

 

Post a Comment for " Cara Memilih RAM Laptop Berdasarkan Kebutuhan"

Berlangganan via Email