Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ngeblog

tips membuat blog, cara membuat blog, optimasi blog, cara postingan page one
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay 

Blog adalah kegiatan mengetik yang fungsinya membagikan pengalaman atau memberi tahu informasi. Ada juga yang memanfaatkan kegiatan ini untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Selain itu juga blog menjadi salah satu pilihan untuk membagikan profil Kamu.

Sebelum Kamu memulai membuat blog tulis dulu tujuan kamu membuat blog untuk apa. Nah, kali ini saya akan membagikan hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat blog.

Putuskan Tema dari Blog Kalian

Hal yang harus diperhatikan pertama kali yaitu kalian harus memutuskan tema dalam membuat konten entah itu tentang teknologi, kesehatan atau portal berita. Intinya kamu harus mempunyai visi yang jelas mengenai konten-konten kamu.

Blog untuk portal berita kamu bisa membagikan berita disekitarmu ataupun berita yang sedang panas ( Ramai di Perbincangkan ). Kamu bisa berbagi video dan menjawab komentar-komentar dari blog kamu.

Tanyakan pada dirimu, kenapa kamu membuat blog? Hal ini sangat penting untuk kedepannya agar kamu tetap konsisten dengan tujuan kamu.

Lakukan Riset Pasar

Lakukan lah riset sebelum kamu membuat blog apakah dengan tema itu sudah banyak yang menggunakan atau masih jarang.

Saat kamu memulai sebuah blog kamu perlu mempunyai suatu hal yang baru yang dapat membuat orang tertarik dengan postingan kamu yang akan  mengikuti blog kamu, dan ada hal yang tidak pernah ditemukan pada blog lainnya. Jika kamu berhasil kamu bisa mempertahankan hal itu dan terus mengembangkannya.

Kamu harus mengerti apakah blog kamu sudah sesuai dan dapat dibaca oleh orang lain, bagaimana blog kamu dibedakan dengan blog lainnya, dan apa yang menyebabkan blog kamu berbeda.

Rencanakan Post Artikel

Ketika kamu sudah berhasil menentukan tema dan melakukan riset, hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah Postingan Artikel. Buatlah postingan yang sesuai dengan tema kamu dan juga tentukan kapan kamu akan membuat postingan.

Setelah kamu merencanakan berapa post yang akan kamu buat, selanjutnya kamu bisa membuat kalender editorial. Beberapa CMS blogging menawarkan tools yang dapat kamu gunakan untuk membantu kamu membuat kalendr editorial. Kalender editorial sendiri adalah tools yang digunakan untuk mempost secara otomatis sesuai kalender yang sudah kamu tentukan.

Bangun Konten sebelum melakukan Promosi

Membuat blog memang hal yang menyenangkan, dan kamu pastinya ingin mempromosikan blog kamu setiap kamu selesai menambahkan postingan baru.

Tahan nafsu ini, sebelum mempromosikan blog kamu ke sosial media kamu setidaknya sudah membuat halaman About, FAQ dan setidaknya 3 sampai 5 postingan. Jika kamu sudah melakukan hal tersebut kamu bisa mulai bagikan setiap post yang kamu buat.

Membuat Kolom Komentar

Kolom komentar memiliki banyak keuntungan, tetapi pada akhir-akhir ini banyak blog yang menutup kolom komentar. Karena banyak yang tidak sesuai dengan topik atau menimbulkan kerusuhan dan hal-hal yang berbau sara.

Jika kamu memiliki sedikit komentar tidak usah khawatir karena hal itu tidak terlalu penting dalam dunia SEO. Tetapi jika kamu mempunyai banyak komentar di blog kamu, kamu bisa menyalakan mode moderasi dan menutup komentar yang menimbulkan kerusuhan.

Akhir kata :

Itulah postingan tentang Hal yang perlu Kamu Perhatikan Sebelum membuat blog. Semoga hal ini bermanfaat untuk kamu dan dapat kamu terapkan. Masih banyak topik yang akan kita bahas selanjutnya ikuti terus perkembangan blog ini.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ngeblog"