Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempercepat Loading Google Chrome

Gambar oleh Simon Steinberger dari Pixabay

Google chrome adalah sebuah aplikasi peramban yang bisa dibilang populer untuk era sekarang ini. Kebanyakan juga pada Smartphone sekarang ini sudah banyak menggunakan Chrome sebagai peramban utamanya bisa dibilang aplikasi sistem yang tidak bisa dihapus.

Banyak fitur yang bisa digunakan secara gratis, dan tersedia untuk semua jenis sistem operasi. Tidak ada iklan didalamnya, mode penyamaran yang bisa kalian gunakan agar riwayat tidak tersimpan secara otomatis.

Tetapi, apakah kamu pernah merasakan tiba-tiba Google Chrome menjadi lebih lambat? Untuk kasus ini biasanya, karena kalian terlalu banyak menggunakan tab browser sekaligus. Jika masalah ini dibiarkan Google Chrome bisa ‘not responding’ keluar dengan sendirinya.

Langkah yang dilakukan jika mengalami masalah ini

Kalian tidak perlu khawatir karena pada kali ini Blogku akan berbagi tutorial Mempercepat loading  Google Chrome yang dapat membantu mengatasi penurunan peforma Google Chrome dan lebih nyaman digunakan.

Berikut ini langkah untuk mempercepat kinerja Google Chrome :

1. Hapus Cache Chrome

Cara pertama Mempercepat loading  Google Chrome  dengan menghapus cache. Cache merupakan data dari sebuah situs web yang kamu kunjungi dan disimpan ke penyimpanan kalian. Hal ini dapat berakibat pada saat kalian mengunjungi situs yang sama dengan kata lain pernah kalian kunjungi lebih cepat karena data transfer yang diperlukan sudah tersimpan.

Efeknya cache akan mengorbankan kinerja pada sistem operasi kalian, terutama pada saat kalian membuka Google Chrome. Biasanya akan memerlukan waktu lama untuk menampilkan seluruh tampilan Chrome.

Kalian bisa menghapus cache Google Chrome untuk meningkatkan peforma Chrome.

2. Menghapus Tabs yang tidak Digunakan

Saat menggunakan Chrome biasanya kita akan lupa menghapus Tabs yang sebelumnya kita gunakan, tidak terasa bisa mencapai lebih dari 8 Tabs. Padahal Tabs yang kalian gunakan hanya beberapa Tabs saja dan sisanya dibiarkan.

Kegiatan seperti ini akan memakan banyak RAM, dan mengakibtkan lemod bisa juga Crash. Lebih baik hapus Tabs yang tidak digunakan. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

3. Nontaktifkan Images (Gambar)

Cara selanjutnya, bagi kalian yang tidak begitu mempentingkan gambar pada saat mencari sesuatu di Chrome, kalian bisa menonaktifkan image untuk mempercepat loading Google Chrome.

Cara menonaktifkan gambar pada Google Chrome kalian tinggal pergi ke menu setting à Content Settings à Images à Do not show any images. Hal ini juga dapat menghemat kouta internet kalian, karena tidak memerlukan mengunduh gambar pada saat memasuki situs.

4. Selalu Update Google Chrome

Setiap Progam melaukan pembaruan pastinya akan lebih baik dan penambahan fitur-fitur baru. Untuk mendapatkan fitur baru dan kinerja lebih baik. Kalian bisa mengupdate Google Chrome yang terus memberikan fitur dan kinerja yang membuat progam jauh lebih baik dari sebelumnya.

Tidak hanya itu kalian juga mendapatkan pengamanan tambahan jika ada malware menyerang Chrome.

5. Hapus Ekstensi yang Tidak Terpakai

Bagi kalian yang menggunakan komputer/leptop ekstensi sudah tidak asing lagi. Ekstensi merupakan aplikasi yang dapat kalian gunakan di Google Chrome. Ada hal yang perlu kalian pahami bahwa menginstalnya dapat meningkatkan beban CPU sehingga progam Chrome akan terbagi dengan ekstensi yang kalian gunakan. Hapuslah untuk mengurangi beban CPU.

6. Menghapus Semua Data Google Chrome

Jika terlalu banyak data google chrome kalian akan terasa berat dan membuat loading lambat. Data tersebut seperti cookies, cache, content, browsing history. Untuk menghapusnya kalian pergi ke setting à cari hapus data penjelajahan à setelah itu kalian tinggal pilih.

Perlu kalian ketahui jika kalian menghapus semua data penjelahan nantinya kalian akan logout dari situs-situs yang telah kalian jelajahi. Jadi sebaiknya kalian hanya menghapus History Penjelajahan hal ini hanya menghapus data browsing kalian.

Akhir kata :

Demikian postingan tentang cara Mempercepat loading  Google Chrome. Silahkan gunakan cara di atas untuk meningkatkan peforma Google Chrome. Karena banyak situs yang hanya bisa di buka lewat chrome dan jika dibuka lewat permban lainnya hasilnya tidak akan maksimal. Jika ada pertanyaan kalian bisa tanyakan di kolom komentar.

Masih banyak topik yang akan kita bahas kalian bisa ikuti website ini dengan cara tuliskan email kalian di kolom berlangganan.

Terimakasih


Post a Comment for "Cara Mempercepat Loading Google Chrome"