Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaringan 5G kapan masuk Indonesia

Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/bsdrouin-5016447/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2402637">Bethany Drouin</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2402637">Pixabay</a> alt = blogku tekhnopedia

Beberapa negara sudah menerapkan jaringan 5G untuk kepentingan koneksi. Tidak kalah juga dengan kartu perdana yang sudah banyak menyediakan jaringan 5G.

Perkembangan dunia teknologi yang begitu berkembang cepat. Kecepatan tidak lagi diukur dengan satuan mega per-detik, namun giga. Dengan ini, negara-negara di dunia harus segera menerapkan teknologi 5G di wilayah mereka.

Saat ini, koneksi 4G dianggap sebagai yang paling cepat. Namun, 4G akan segera tergantikan dengan adanya 5G. Nantinya jaringan 5G akan lebih cepat ketimbang 4G.

Sejarah jaringan internet

Kata “G” memiliki arti generation yang mengacu pada generasi nirkabel tersebut. Dimulai dari 1G yang memiliki kecepatan 2,4 kpbs, 2G yang memiliki kecepatan 64 kbps  dan berbasis GSM, serta 3G yang memiliki kecepatan 144 kbps hingga 2Mbps. Seiring dengan berlajannya waktu dan kebutuhan akan internet semakin tinggi, mulai berkembang jaringan 4G yang memiliki kecepatan antara 100 Mbps hingga 1 Gbps.

Kecanggihan yang dimiliki jaringan 5G

Generasi kelima dalam konektivitas internet seluler ini memiliki fitur pengunduhan dan pengunggahan yang jauh lebih cepat, jangkuan lebih luas serta koneksi yang lebih stabil.

Kecepatan sangat dibutuhkan di era sekarang, mengingat teknologi seperti augmented reality(AR), live streaming dan permainan game yang semakin canggih, tentunya membutuhkan koneksi internet yang lebih cepat.

Deretan negara yang sudah menerapkan jaringan 5G

Ada, banyak negara yang berlomba-lomba mengembangkan teknologi 5G. Misalnya, dua penyedia layanan seluler di Korea Selatan, SK Telecom dan KT Corporation yang berlomba-lomba meluncurkan layanan 5G.

Begitu juga dengan Jepang dan Amerika Serikat yang mengembangkan teknologi 5G di negaranya masing-masing. Perkiraan di Indonesia bisa menikmati jaringan 5G pada tahun 2021. Hal ini karena belum semua provider di Indonesia bisa menggunakan 5G. Demikian juga dengan ketersedian smartphone 5G belum begitu banyak.

Kekurangan jaringan 5G

Mesikpun teknologi ini diteliti dan dikonsep untuk menyelesaikan semua masalah sinyal radio dan kesulitan di dunia mobile, namun karema beberapa alasan keamanan dan kurangnya kemajuan teknologi di sebagian besar wilayah geografis, teknologi ini juga tak lepas dari kekurangan. Beberapa diantaranya :

·        Teknologi ini masih dalam proses dan penelitian.

·        Banyak dari perangkat lama tidak kompoten untuk 5G, karena semuanya perlu diganti dengan yang baru.

·        Mengembangkan infrastruktur perlu biaya yang tinggi.

·        Keamanan dan masalah privasi belum diselesaikan.

·        Pemakaian kouta akan semakin boros.

Keuntungan jaringan 5G

Ada beberapa keuntungan dari teknologi 5G, berikut ini diantaranya :

·        Resolusi tinggi dan bentuk bandwidth yang besar dan bidirectional.

·        Teknologi untuk mengumpulkan semua jaringan pada satu platfrom.

·        Tindakan pengawasan yang lebih cepat.

·        Mudah dikelola dengan generasi sebelumnya.

·        Pemuatan gambar dan video yang lebih cepat.

·        Lebih efektif dan efesien.

Akhir kata :

Berikut ulasan tentang jaringan 5G kami akan terus update informasi jaringan 5G. Jika ada pertanyaan bisa tanyak dikolom komentar.

Masih banyak topik yang akan kita bahas, kamu bisa mengikuti blog ini pada berlangganan dengan email kamu tinggal masukan email dan tunggu update dari kami.

Terimakasih

 

 

 


Post a Comment for "Jaringan 5G kapan masuk Indonesia "

Berlangganan via Email